Teknik Lukisan Kaca Cirebon Banyak Diminati di Jepang!


Berita setempat
schedule 29 Juli 2018
Tokyo , Japan
Received 1996738390371115

Workshop ini merupakan upaya untuk mengenalkan budaya Indonesia di Jepang.

Rangkaian kegiatan Seni Murni FSRD ISBI Bandung melaksanakan workshop di Tokyo Jepang pada 16 Juli 2018 dengan memberikan worksop lukis kaca kepada para siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.



Seni lukis kaca terbilang unik dan berbeda dibanding teknik melukis konvensional yang menggunakan media kertas dan kanvas. Seni lukis kaca terbilang cukup menarik karena cara melukisnya yang terbalik dari sisi belakang kaca, bukan bagian depannya.

Para peserta diajarkan untuk membuat lukisan kaca dengan di bekali sketsa yang telah disediakan.

Mengambil tema ragam budaya Indonesia yang dikemas dalam berbagai sketsa yang dibuat diantaranya adalah sketsa penari bali,  wayang beber, semar, dan beberapa motif batik Indonesia para peserta diberi kebebasan untuk menjiplak sketsa yang dipilih kemudian dituangkan kedalam kaca, proses pembuatanya dibagi kedalam tiga tahapan yaitu proses sketsa, pewarnaan dan finishing. 


Workshop ini merupakan upaya untuk mengenalkan budaya Indonesia di Jepang. Dengan harapan kegiatan workshop ini akan bermanfaat untuk masyarakat Jepang khususnya di Tokyo dapat lebih memahami nilai-nilai budaya dan kearifan lokal karakter bangsa Indonesia serta dapat mengetahui tentang keberagaman budaya Indonesia.

Manfaat untuk para peserta yang terlibat dalam kegiatan ini meningkatkan kesadaran mengenai potensi keragaman budaya Indonesia untuk dijadikan inspirasi berkarya berkaitan dengan identitas keIndonesian yang khas dan diakui dunia.

Selain dari pada itu melalui kegiatan workshop ini dapat menjadi sarana edukasi sekaligus dialog antara para peserta dan para intruktur workshop sehingga nilai-nilai kekeluargaan, keindahan (estetika) yang terisnpirasi dari keragaman budaya dapat tersampaikan dengan baik.

Kegitan workshop ini juga sangat berguna untuk bisa mengembangkan ilmu dibidang seni rupa. Melatih kepekaan dengan memanfaatkan semua pengalaman selama berkegiatan di Jepang untuk membuat konsep-konsep seni yang bisa memberi manfaat dan memberikan kesadaran terhadap masyarakat untuk menghargai dan melestarikan kebudayaan.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.