Solo Menjadi Pusat Gamelan Dunia!


Berita setempat
schedule 10 Agustus 2018
Solo, Indonesia
Festival gamelan solo 1024x1024

Pertunjukan ini bisa disaksikan secara "gratis" dan terbuka untuk "umum" selama seminggu dari mulai tanggal 9 hingga 17 Agustus 2018.

International Gamelan Festival 2018 adalah sebuah festival berskala internasional yang dihelat pada salah satu lokus terpenting yang bertujuan untuk menciptakan arena mudik atau "homecoming" bagi kelompok-kelompok gamelan yang telah menyebar ke berbagai belahan dunia dan dalam beraneka corak perkembangan dan fungsi.

Acara ini akan bertempat di lokasi ikonik di Kota Solo, antara lain BentengVastenburg, ISI Solo, Walk Slamet Riyadi, Dalem Joyokusuman, Lokananta dan masih banyak tempat lainnya.

Tokoh-tokoh seniman penting seperti, Joko Porong, Djaduk Ferianto, Rahayu Supanggah, dan maestro lainnya akan hadir meramaikan Festival International Gamelan ini.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk merajut, dan melestarikan budaya gamelan agar para peminat, seniman dan pemikir budaya gamelan bisa selalu tetap eksis.

Dalam acara ini serangkaian aktivitas akan dihadirkan. Tidak hanya pergelaran musik gamelan, pameran, forum diskusi, pentas tari dan masih banyak kegiatan lainnya akan berlangsung. Dan juga akan dihadiri oleh beberapa negara lainnya yang akan ikut berpartisipasi, seperti Jepang, Malaysia, Amerika dan Australia.

Ini adalah kegiatan International Gamelan Festival (IGF) pertama di Indonesia. Dipilihnya Solo, kota Bengawan karena di kota inilah banyak melahirkan para maestro gamelan.

Gamelan merupakan salah satu jenis musik paling kuno yang masih hidup dan dikenal di dunia. Karena itu, menurut kemendikbud, seni musik gamelan sangatlah penting untuk selalu dikembangkan dan dilestarikan.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.