Songket Sriwijaya di Puncak Elbrus


Perjalanan
Berita setempat
schedule 19 Agustus 2018
Moskow, Federasi Rusia
39468134 241599766498863 8854875684082810880 n

Tiga pendaki asal Indonesia berhasil mencapai puncak Elbrus dengan menggenakan songket, hal ini dikarenakan mereka bangga sebagai mahasiswa pelajar asal Palembang.

Tiga pendaki Indonesia Faldi Riswandi, Riza Husin dan Riki Andriansyah berhasil menaklukan puncak Gunung Elbrus, Rusia pada 14 Agustus 2018 lalu. Mereka mengenakan songket Sriwijaya di puncak gunung yang merupakan gunung tertinggi di Eropa dengan ketinggian 5624 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M. Wahid Supriyadi menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas keberhasilan mereka karena turut membawa nama baik bangsa Indonesia.

“Kesuksesan ini merupakan hasil dari niat dan usaha yang kuat. Mencapai puncak Elbrus tidaklah mudah. Selain jalur yang sulit karena salju, cuaca dan suhu dingin juga sangat berpengaruh pada perjalanan,” kata Dubes Wahid saat bertemu ketiga pendaki di acara perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 di KBRI Moskow, Jumat (17/8).

Ketiga pendaki adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan yang tergabung dalam Mapala Alfedya. Mereka tiba di Moskow pada Selasa (7/8) dan melanjutkan perjalanan ke Mineralny Vody kemudian ke Terskol pada Kamis (9/8). Setelah melakukan aklimatisasi, ketiganya mulai mendaki pada Senin (13/8).



Menurut Faldi, sebelum mendaki puncak tertinggi Elbrus, mereka melakukan tiga kali aklimatisasi ke puncak gunung yang berbeda yaitu gunung Cheget (3.100 mdpl), Gunung Azau (3.700 mdpl) dan Gunung Pastukhov Rocks (4.500 mdpl). Jalur pendakian yang tidak mudah, berselimut salju abadi, suhu udara yang dingin hingga minus 11 derajat Celcius bahkan sempat mengalami mountain sickness tidak mematahkan semangat untuk mencapai puncak Elbrus.

"Summit attack kami mulai lakukan pada Selasa (14/8) sekitar pukul 03.00 dinihari dan mencapai puncak Elbrus pukul 09.00 pagi," ujar Faldi sambil mengenang perjuangannya.

Sementara itu, Riza mengatakan dari awal pelaksanaan ekspedisi ini Mapala Alfedya telah bermimpi untuk mencapai atap Eropa melalui puncak Elbrus yang merupakan salah satu puncak gunung tertinggi di Eropa dan dunia. Tema ekspedisi adalah Songket Sriwijaya menyapa Eropa, yaitu Ekspedisi Pemakaian Songket Sriwijaya di puncak Elbrus. Ditambahkan bahwa pendakian ini juga dalam rangka mempromosikan Asian Games 2018 dan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Rusia.

“Kami tidak menyangka perjalan penggiat alam kami akan sampai sejauh ini. Dari Palembang sampai Moskow hanya bertiga dengan segala keasingan saat di Moskow. Kami berterima kasih banyak kepada Dubes Wahid dan KBRI Moskow atas dukungan yang diberikan,” kata Riza.

Tahun 2017 lalu ketiga pendaki ini sukses membawa songket khas Palembang ke salah satu puncak dunia yaitu Gunung Cartensz Pyramid di Papua, Indonesia. Pada tahun depan mereka berangan-angan dapat membawa songket Sriwijaya ke puncak Gunung Kilimanjaro di Afrika dan Aconcagua di Argentina.

Faldi, Riza dan Riki kembali ke Indonesia pada Sabtu (18/8). Namun sehari sebelumnya mereka akan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tanggal 17 Agustus mereka rayakan di KBRI Moskow bersama WNI di Rusia.   
 


 


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.