500 Jemaah Haji Guinea Bissau ke Mekkah Berkat Bantuan Indonesia


Berita setempat
schedule 27 Agustus 2018
Guinea Bissau, Guinea-Bissau
40112760 874915259562838 3055710347378819072 n

Setelah melalui proses yang cukup panjang dari tahun 2017, akhirnya 500 jemaah haji dari Guinea Bissau berangkat menuju tanah suci Mekkah, menunaikan Rukun Islam ke-5.

Para jemaah haji Guinea Bissau tersebut pada tanggal 16 Agustus 2018, diterbangkan dengan menggunakan pesawat charteran Maskapai Penerbangan Max-Air Boeing dari kota Bissau menuju Saudi Arabia.

Sebelumnya, Presiden Guinea Bissau, Mario Vaz, tanggal 7 Agustus 2018 mengutus Menteri Dalam Negeri, Botche Cande ke Dakar-Senegal untuk bertemu dengan Dubes RI Senegal Mansyur Pangeran (yang juga sebagai Dubes RI untuk Guinea Bissau) untuk membahas prospek bantuan Pemerintah Indonesia yang telah menjanjikan akan membantu memberikan 500 tiket haji bagi jemaah Muslim Guinea Bissau yang miskin. Permintaan yang mendesak Presiden Mario Vaz yang disampaikan melalui Mendagri Botche Cande tersebut langsung dikoordinasikan ke Pusat agar dapat ditindaklanjuti.



Dubes Mansyur Pangeran menjelaskan setelah melalui proses koordinasi yang sangat intensif dengan Pusat karena waktunya sudah sangat dekat, lebih lagi Pemerintah Guinea Bissau telah menjadwalkan keberangkatan jemaah haji dari Guinea Bissau tanggal 16 Agustus 2018, akhirnya disetujui pengiriman dana biaya 500 tiket haji dimaksud dikirim ke rekening Pemerintah Guinea Bissau.

Dengan demikian, seluruh jemaah haji dari Guinea Bissau yang jumlahnya 700 orang, dimana 500 orang tiketnya atas biaya Pemerintah Indonesia dan 200 orang dibiayai oleh orang-orang muslim kaya Guinea Bissau, dapat diberangkatkan ke tanah suci Mekah.

Setelah dipastikan dana pembiayaan 500 tiket haji dari Pemerintah Indonesia diterima oleh Pemerintah Guinea Bissau, Presiden Mario Vaz mengirim ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan kepada Presiden RI Joko Widodo dan kepada seluruh rakyat Indonesia, yang telah memberikan bantuan 500 tiket haji bagi jemaah Muslim Guinea Bissau yang tidak mampu untuk mununaikan ibadah haji ke tambah suci Mekkah.

Pernyataan itu disampaikan langsung melalui Mendagri Botche Cande kepada Dubes Mansyur Pangeran di Dakar.

Narasumber: KBRI Dakar-Senegal


 


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.