Truffe jamur yang dikenal dengan nama berlian hitam karena harganya yang mahal.


Kuliner
schedule 09 Juni 2017
Herault, Perancis
Truffe

Jamur yang satu ini memang unik! Selain bentuknya yang tak mirip jamur kebanyakan, juga karena harganya yang sangat mahal. Jamur yang tumbuh di dalam tanah ini biasanya bisa didapatkan dengan bantuan hewan. Saking mahalnya, jamur berwarna hitam ini dikenal dengan sebutan black diamond.

Jamur hitam dengan bentuk bagaikan sebuah batu, perkebunannya selalu dirahasiakan. Hal ini dikarenakan truffe sangat sulit didapatkan. Jamur ini hanya mau tumbuh di dalam akar pohon ek, dan para petani harus menunggu mulai dari sepuluh tahun, untuk bisa mendapatkannya. Itupun setiap tahunnya tak tentu hasilnya. Truffe bukan jamur bisa tumbuh dengan jumlah yang banyak. Dan untuk menemukannya dibutuhkan bantuan hewan karena tumbuh di dalam tanah, hanya hewan yang memiliki penciuman tajam yang dapat menemukan jamur ini.
Salah satunya dengan bantuan anjing, yang khusus dilatih mencari truffe. Hewan ini biasanya sudah terlatih sejak usia enam bulan. Anjing yang terlatih begitu merasakan aroma jamur truffe, akan langsung mendatanginya. Petani truffe, harus segera memerintahkan kepada hewan piaraannya untuk berhenti dan tak menggali tanah agar jamur tak rusak terkena kuku anjing. Petani truffe akan menggali tanah secara hati-hati, mereka yang terlatih akan segera tahu perbedaan antara jamur dengan gumpalan tanah. Sebagai tanda senang dan terimakasih, petani akan memberikan hadiahkepada hewan peliharaannya dengan kue kesukaannya.
Truffe hanya bisa diperjual belikan jika lolos seleksi oleh para penguji. Semakin tak heran jika harganya mahal, karena sulit menjual dan mendapatkannya. Tahun ini harga truffe di pasaran seribu euros per kilonya.
Para penggemar truffe, biasanya sudah mengincar pasar truffe yang hanya ada hanya di kota-kota tertentu pada bulan desember hingga maret, dimana pada tiga bulan itulah jamur ini tumbuh.
Jamur ini enak di makan mentah maupun di masak atau dibuat saus. Truffe paling terkenal disajikan menjadi telur dadar. Salah satu kesukaan kami sekeluraga. Kelihatannya sangat sederhana namun telur dadar yang telah dicampur dengan jamur ini akan berubah rasa dan aromanya, lezat sekali!
Kadang kami memasukan truffe dalam toples dengan dua atau tiga telur yang kami diamkan selama satu minggu. Tujuannya agar telur saat di pecahkan untuk di buat telur dadar atau mata sapi, akan tercium aroma truffe!
Saya sendiri lebih suka truffe mentah yang di parut tipis di atas salad lebih terasa rasanya. Kami mencoba untuk setiap tahunnya membeli jamur ini, walaupun hanya sebesar bola golf, kadang membelinya bersamaan dengan teman, lebih terasa ringan dari segi kantong!
Langka dan sulitnya mendapatkan jamur ini, memang menjadi suatu budaya tersendiri bagi orang perancis dalam segi gastronomie. Restoran dengan chef terkenal biasanya gemar menggunakan jamur hitam ini dalam masakan mereka.


Tak heran bila jamur langka ini disebut sebagai black diamond, karena bentuknya yang seperti batu hitam dengan aroma dan rasanya spesial dan tentunya harganya yang mahal!

 


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.