Soto Dan Kari Ayam Di Ajarkan Di Sekolah Masak Terkenal di Paris.


Berita setempat
Kuliner
schedule 20 September 2018
Paris, Perancis
Received 2151351858525594

Berkat Chef Degan, kuliner Indonesia yang merupakan masakan jajanan diperkenalkan di Cordon Bleu Paris.

Paris, 19 September 2018 – Chef Degan kembali memberikan kelas memasak untuk keua kalinya di Le Cordon Bleu, Paris. Kelas Memasak Chef Degan di Le Cordon Bleu Paris merupakan kerja sama KBRI Paris dengan Le Cordon Bleu, dan merupakan rangkaian kegiatan promosi Festival Couleurs d’Indonesie yang akan diselenggarakan pada 22-24 September 2018 di Pavillon Dauphine, Paris, Prancis.

S
ebanyak lebih dari 70 undangan memenuhi ruangan kelas memasak dengan Chef Tamu “Degan Septoadji” di Le Cordon Bleu, Paris. Chef Degan mengajarkan para undangan, yang terdiri dari undangan dari kalangan diplomatik, dan murid Le Cordon Bleu untuk memasak masakan Indonesia seperti soto ayam, kari ayam, dan kedua bumbu inti dari masakan tersebut, yaitu bumbu kuning.

“Saya sangat berharap saya dapat berkontribusi untuk memperkenalkan bumbu, dan teknik memasak masakan Indonesia, bukan hanya masakan Indonesianya. Dengan mengajarkan para calon Chef ini, saya berharap mereka akan mempelajari rasa-rasa baru yang dapat diaplikasikan dalam masakan mereka nantinya” ungkap Chef Degan Septoadji yang memperkenalkan lima bumbu dasar Indonesia, yaitu Bumbu Kuning, Bumbu Merah, Bumbu Putih, Bumbu Hitam, dan Bumbu Hijau.

“Selama dua kali, saya lihat murid-murid Le Cordon Bleu dan para tamu undangan sangat antusias mengikuti kelas masak ini. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan teknis yang muncul mengenai cara memasak ala Indonesia ini, seperti misalnya menghancurkan bumbu menggunakan cobek batu. Selain itu, dari sisi ekonomi, saya melihat ada kesempatan bagi Indonesia untuk meningkatkan nilai ekspor bumbu khas Indonesia. Saat ini beberapa restoran fine dining Prancis di Paris telah menggunakan bumbu khas Indonesia, seperti Andaliman” ungkap Dubes Hotmangaradja Pandjaitan, Duta Besar RI Paris.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama KBRI Paris dengan Le Cordon Bleu, Paris, dalam rangka meningkatkan diplomasi kuliner Indonesia. Diplomasi kuliner diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor bumbu-bumbu asal Indonesia yang kian populer. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia mencatat bahwa kuliner merupakan subsektor industri kreatif yang memberikan penghasilan terbesar dibandingkan subsektor lainnya, dan memberikan kontribusi senilai 41,4% dari total kontribusi ekonomi kreatif Indonesia.

Le Cordon Bleu merupakan sekolah memasak ternama di dunia yang berasal dari Prancis dan telah berdiri selama 120 tahun. Le Cordon Bleu pada awalnya mengajarkan mengenai teknik memasak a la Prancis, dan seiring berjalannya waktu, Le Cordon Bleu mengajarkan teknik memasak dan masakan international di setiap kampusnya.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.