Perkuat Kerja Sama, Jaksa Agung RI Kunjungi Rusia.


Berita setempat
schedule 06 Oktober 2018
Moskow, Federasi Rusia
4 1

Jaksa Agung RI mengusulkan sejumlah program kerja sama, antara lain pertukaran Jaksa kedua negara, dan dialog kerja sama, seperti pemberantasan narkotika dan ancaman ekstremisme, serta ISIS.

Jaksa Agung RI H.M. Prasetyo dan Jaksa Agung Federasi Rusia Yury Y. Chaika telah menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama antara Kejaksaan Agung Republik Indonesia dengan Kejaksaan Agung Federasi Rusia pada 3 Oktober 2018 di Moskow.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen saling dukung dan penguatan kerja sama yang dilandaskan pada hubungan persahabatan RI-Rusia yang baik, kata Jaksa Agung RI seusai acara penandatanganan Nota Kesepahaman yang turut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus M. Wahid Supriyadi.

Dalam pertemuan bilateral, Jaksa Agung RI dan Jaksa Agung Rusia mencatat beberapa bentuk kejahatan yang perlu mendapat perhatian kedua negara antara lain, kejahatan teroris, ekstrimisme, narkotika, korupsi, pencucian uang dan berbagai jenis kejahatan transnasional lainnya.

Jaksa Agung RI mengusulkan sejumlah program kerja sama, antara lain pertukaran Jaksa kedua negara, dan dialog kerja sama, seperti pemberantasan narkotika dan ancaman ekstremisme, serta ISIS. Jaksa Agung Rusia mencatat bahwa Rusia dan Indonesia memiliki banyak kesamaan dan potensi besar untuk keberhasilan pengembangan dialog, termasuk masalah hukum dan penegakan hukum. Jaksa Agung Rusia menegaskan kesiapan Rusia untuk membahas isu-isu pemberantasan narkotika, ekstremisme dan penanggulangan ancaman ISIS.

Jaksa Agung Rusia mengatakan untuk melawan kejahatan transnasional diperlukan mitra yang dapat diandalkan. Selain itu, untuk melawan terorisme, korupsi, kejahatan teknologi tinggi, perdagangan obat-obatan terlarang dan ancaman modern lainnya, tidak hanya mengkonsolidasikan upaya-upaya, tetapi juga perlu mengadopsi praktek-praktek terbaik satu sama lainnya.

Dalam pertemuan, Jaksa Agung Rusia juga menyampaikan ucapan bela sungkawa dan keprihatinan Pemerintah dan masyarakat Rusia terkait bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah.

Dubes Wahid menyambut baik penandatangan perjanjian ini. Menurut Dubes Wahid, kerja sama Kejaksaan Agung kedua negara telah terjalin hampir 12 tahun sejak penandatangan Memorandum Saling Pengertian antara Kejaksaan Agung kedua negara pada 1 Desember 2006. Seiring dengan perkembangan terkini dalam legislasi kedua negara, kedua pihak sepakat untuk membentuk perjanjian kerja sama baru untuk menetapkan arah utama dan penguatan kerja sama.

Selain pertemuan dengan Jaksa Agung Rusia di Moskow,
pada 4 Oktober 2018 Jaksa Agung RI juga berkunjung ke St. Petersburg bertemu dengan Jaksa Tinggi St. Petersburg, Sergey Ivanovich Litvinenko dan Konsul Kehormatan RI di St. Petersburg dan Leningrad Region, Valery A. Radchenko.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.