Wow Selama Dua Hari Kota Garut Akan Diramaikan "Carnival on the Road"


Berita setempat
schedule 17 Oktober 2018
Garut, Indonesia
Img 20181015 wa0040

Kabupaten Garut gelar Pesona Garut Intan Carnival, Sabtu dan Minggu, 20 – 21 Oktober 2018.

Kegiatan tahunan ini digelar dalam memperingati Hari Pariwisata Sedunia dan Hari Batik Sedunia, sekaligus memperingati Hari TNI dengan mengambil venue di Jl.Veteran depan Makodim 0611 Garut, dalam tema “Batik Mewarnai Pariwisata Indonesia”.

Ketua Pelaksana Garut Intan Carnival (GIC) Irno Sukarno Putra pada media (15/10/2018) mengatakan, Garut Intan Carnival digagas awal pelaksanaannya oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut pada tahun 2015 berbarengan dengan Pelaksanaan “Gebyar Budaya” Hari Jadi Garut. GIC merupakan bagian dari helaran Seni-Budaya Tradisional yang sudah sejak awal menjadi ikon dan daya tarik dari Kegiatan Perayaan Hari Jadi Garut.

“Bahkan pada pelaksanaan ke-2 di tahun 2016, gelaran karnaval yang masih menjadi bagian dari Heralan Hari Jadi Garut dimeriahkan juga dengan Parade tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan busana/seragam Batik Garutannya,” ujar Irno.



Mengingat animo masyarakat yang cukup besar, ditandai dengan banyaknya Peserta Karnaval Busana “Kebesaran” ini maka busana yang dikenakan umumnya memiliki bentuk dan ukuran yang besar dan dalam pelaksanaan tahun ke-3 dipisahkan dari rangkaian Peringatan Hari Jadi Garut yang biasa diselenggarakan pada bulan Februari – Maret menjadi pada bulan September – Oktober seiring dengan Peringatan Hari Pariwisata Sedunia dan Hari Batik Sedunia.

“Jelang pelaksanaan GIC yang ke-3 pun seperti juga jelang Pelaksanaan ke-4 tahun 2018 ini diawali dengan Workshop Fashion Desain bagi Calon Peserta, khususnya Para Desainernya dengan harapan penampilan Para Peserta GIC akan lebih siap dan lebih tertata, baik dari segi penampilan busana maupun pelaksanaan karnavalnya,”  jelas Irno.

Peserta Workshop yang merupakan Calon Peserta Karnaval selain para Desainer dari Garut sendiri, juga terdapat peserta dari Kabupaten. Ciamis, Kabupaten. Subang dan Kota Tasikmalaya. Juga Para Desainer dan Model dari beberapa Agency, Perwakilan SMA/SMK Negeri maupun Swasta, Perwakilan SKPD Pemkab. Garut serta, Perusahaan Swasta, BUMD, BUMN serta Organisasi/Komunitas di Garut dan beberapa Kota/Kabupaten lainnya di Jawa Barat yang sudah konfirmasi menjadi Peserta. Selain gelar carnaval, Pesona Garut Intan Carnival 2018 dimeriah pula oleh Bazzar, Defile Busana Hari Batik Sedunia yang diikuti oleh intansi, komunitas, organisasi dengsn peserta 10 orang tiap kelompok, serta gelar Lomba Fotografi untuk Photographer Profesional (menggunakan Camera DSLR) dan  bisa juga menggunakan Camera Handphone.*

Narasumber: SENI.CO.ID


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.