Batik Cigadung Indah Yang Mendunia


Berita setempat
schedule 29 November 2018
Bandung, Indonesia
47176393 757358167935276 8988044430745272320 n

Kampung batik Cigadung, kota Bandung memberikan pelatihan kepada masyrarakat untuk mengembangkan potensi industri batik agar lebih meluas dan dikenal di dunia.

Pelatihan Kampung Batik Cigadung Kota Bandung merupakan pelatihan batik pertama yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Bandung, bertujuan untuk menciptakan sentra industri batik Cigadung.

Kegiatan ini diindikasikan untuk mempertahankan dan melestarikan budaya batik Indonesia melalui semangat dan kreativitas masyarakat kota Bandung, khususnya wilayah kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, yang sudah dikenal industri Kreatifnya yang dilaksanakan selama 12 hari dari tanggal 17 sampai 28 November 2018 bertempat di Rumah Batik Komar Bandung. Berisi pelatihan serta pengembangan potensi industri batik, diikuti oleh 50 orang mewakili 13 RW dari Kelurahan Cigadung.



Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui bantuan dana serta kerjasama dengan Batik Komar. Para peserta difasilitasi pewarna pakaian yang berasal dari alam, sehingga ramah lingkungan dan mudah ditemukan, seperti daun sirsak, secang, jelawe, dan lain-lain.

Adapun motif yang diangkat oleh peserta adalah motif berbagai bunga, seperti bunga mawar, melati, matahari, lili, alamanda, chrysan, lotus, kembang sepatu, amarilis dan bunga anggrek. Rangkaian acara ini ditutup dengan puncak acara Semarak Kampung Batik Cigadung, diisi dengan pagelaran batik karya peserta pelatihan, bazar kuliner dari warga Kelurahan Cigadung.



Dalam acara ini diserahkan juga bantuan peralatan dan perlengkapan untuk membatik bagi 10 RW di Kelurahan Cigadung. Penyerahan bantuan ini diberikan oleh Kepala Dinas KUMKM Kota Bandung. Kegiatan pelatihan batik serta peningkatan kualitas produksi batik di Kampung Batik Cigadung ini diharapkan dapat menguatkan ekonomi warga sekitar melalui industri kreatif batik.

Dr. Komarudin Kudiya, Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia yang juga pemilik Batik Komar, mengatakan;

"Setelah ada produk harus ada pemasaran. Meskipun ekonomi sekarang lagi kurang bagus tetapi produksi harus berjalan dan ada aktivitas demi mempertahankan Unesco 2009-2019, apabila tidak ada regenerasi akan dicabut".

Di Jawa Barat ada sekitar 3000 pengrajin batik, yang paling banyak di Cirebon 1500 pengrajin , Tasikmalaya 250 pengrajin, sisanya Indramayu dan Garut. Seni.co.id

Rumah Batik Komar
Jl. Cigadung Raya Timur I No. 5 Bandung
Telp: (022) 2514788


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.