Ilustrator Indonesia yang satu ini tanda tangannya kerap ditunggu para penggemarnya di Prancis!


Berita setempat
schedule 20 Juni 2017
Paris, Perancis
Erlina doho

Wanita indonesia Erlina Doho, yang terkenal sebagai ilustrator buku jepang di Prancis, namanya mulai dikenal. Setiap kali ajang pameran buku di Prancis, sejumlah penggemarnya sudah menantikan untuk mendapatkan gurasan lukisan kecil dan dedikasinya.

Erlina Doho, memang patut dibanggakan. Karena bukanlah hal yang mudah bagi seorang asing dipercaya untuk menjadi illustrator sebuah buku karya penyair jepang, Kobayashi Issa, buku puisi yang merupakan karya sastra. Di Prancis, karya sastra dianggap penting.

Nama Erlina sebenarnya bukanlah asing, tahun 1988 dia mendapatkan penghargaan dari Unesco, empat medali untuk melukis melukis Jepang dan masih banyak medali dan penghargaan lain yang diraihnya. Wanita lulusan seni rupa Yogyakarta ini, untuk memperdalam minatnya Ia meneruskan ke Beijing pada 1997.
Membuat ilustrasi buku adalah profesi yang ditekuninya hingga kini. Bekerja sama dengan Sun focus fondation, Hong Kong kemudian dengan penerbit L'iroli, Prancis. Kini sudah dua puluh ilustrasi tinta buku puisi haïku "Saisons d'Issa " penyair klasik Jepang dengan ilustrasi dari Erlina.
Selain aktifitas melukis dan berpameran, Erlina Doho juga membuat perfomance seni visual dan workshop. Menjalin dan memberikan ilmu kepada orang lain bagi Erlina merupakan hal yang sangat penting.

Buku Saissons d'Issa dengan ilustrasi dari wanita kelahiran Bali 1975 ini, adalah buku yang ditujukan untuk anak dan remaja, namun orang dewasapun turut menggemarinya. Tak heran bila buku ini laris di Prancis, sebuah kesuksesan atas kerja sama untuk karya puisi dari penyair klasik jepang dan ilustrator muda indonesia.
Karya Erlina sudah banyak dipamerkan selain di tanah air juga dibeberapa negara, seperti Jerman, Cina, Hongkong dan India. Kelihaiannya dalam memainkan melukis mungkin berkat bakat yang diturunkan dari kedua orang tuanya yang juga seniman.
Sebuah kebangaan bagi Indonesia, memiliki seorang seniman berbakat, dengan karyanya yang di akui di dunia internasional.
Kini nama Erlina Doho bukanlah hal yang asing di beberapa pameran buku di Prancis. Dedikasinya telah dinantikan banyak penggemarnya.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.