Di Sekolah Macarthur Anglican Sydney Bahasa Indonesia Sudah 30 Tahun Diajarkan


Berita setempat
schedule 06 Desember 2018
Sydney, Australia
47498957 2026431894061823 7038269698022047744 o

Hal ini diajarkan sebagai mata pelajaran wajib untuk siswa Pra-Sekolah - Kelas 8 dan dapat dipilih sebagai mata pelajaran pilihan untuk siswa Kelas 9 - Kelas 12.

Konsul Jenderal Indonesia di Sydney, Heru Subolo, dikejutkan oleh sekelompok siswa yang berseru “Selamat Pagi Pak”, yang berarti Selamat Pagi dalam Bahasa Indonesia, ketika dia berjalan di halaman Macarthur Anglican School pada hari Rabu (5/12/2018), selama istirahat makan siang siswa. Konsul Jenderal Subolo, didampingi Consul Hermanus Dimara dan dua staf melaju sejauh 62 km ke Cobbitty untuk berdiskusi dengan ramah tentang bahasa Indonesia, serta membuat rencana untuk berkolaborasi pada 2019. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya Konsulat Jenderal untuk mendukung pengajaran dan belajar bahasa Indonesia di Macarthur.



“Apa makanan favorit Bapak?” Apa makanan favorit Anda, adalah salah satu pertanyaan yang diajukan oleh kelompok siswa Kelas 9 yang percaya diri yang memulai percakapan spontan dengan Konsul Jenderal saat ia berjalan melewati untuk bertemu dengan Kepala Sekolah, Dr. David Nockles, Wakil Kepala Sekolah, Tn. Andrew Kokic dan lima guru bahasa Indonesia di Macarthur, termasuk Ny. Melissa Gould-Drakeley yang merupakan teman baik Indonesia dan telah mengajar Bahasa Indonesia di sekolah selama 20 tahun.

“Bahasa Indonesia sekarang lebih relevan dengan sebelumnya dengan kedua pemimpin kami meningkatkan hubungan dari Kemitraan Komprehensif menjadi Kemitraan Komprehensif Strategis,” ungkap Konjen Subolo selama diskusi yang ramah namun produktif. “Sangat relevan terutama bagi Anda sebagai duta besar masa depan negara Anda,” katanya, menunjukkan penghargaan kepada tiga siswa Kelas 12 yang telah bergabung dalam pertemuan yang mengambil bahasa Indonesia sebagai elektif.

Macarthur Anglican School telah menawarkan bahasa Indonesia selama 30 tahun. Hal ini diajarkan sebagai mata pelajaran wajib untuk siswa Pra-Sekolah - Kelas 8 dan dapat dipilih sebagai mata pelajaran pilihan untuk siswa Kelas 9 - Kelas 12. Ini adalah satu-satunya pilihan bahasa di Macarthur dan sangat didukung oleh Kepala Sekolah Nockles yang memungkinkan kelas untuk berjalan bahkan dengan hanya sejumlah kecil siswa karena ia melihat pentingnya bahasa Indonesia di sekolah.

“Salah satu alasan kami sangat mendukung Bahasa Indonesia di Macarthur adalah karena kami dapat melihat relevansi memiliki keterampilan berbahasa Indonesia di luar Sekolah. Antara lain, lokasi geografis Indonesia ke Australia membuka peluang di mana mengetahui bahasa Indonesia akan bermanfaat. Karena ini kita dapat mendorong siswa dan juga orang tua mereka, menjadikan Indonesia sebagai mata pelajaran pilihan di Kelas 9 dan seterusnya bermanfaat bagi mereka, ”jelas Dr. David Nockles.

Untuk 2019, hampir 50% siswa Kelas 9 telah memilih Bahasa Indonesia sebagai Jurusan Pilihan mereka, 14 siswa telah memilihnya untuk siswa Kelas 10, 6 untuk siswa Kelas 11 dan 5 untuk Kelas 12.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.