Susi Ajak Pusat Riset Monaco Selamatkan Terumbu Karang


Berita setempat
schedule 11 Desember 2018
Monaco, Monaco
47478580 370250686877266 6180595768739495936 n

Susi Pudjiastuti mengatakan terumbu karang Indonesia saat ini tengah menghadapi ancaman. Menurut dia, ancaman pemanasan global terhadap terumbu karang juga terjadi di dunia.

Kerja sama konkrit dihasilkan antara Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan Monaco Scientific Center dalam hal riset dan konservasi terumbu karang.

Penandatanganan Letter of Intent (LoI) kedua instansi disaksikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Dalam Negeri Monaco, dan Wakil Menteri Luar Negeri Monaco.

Susi Pudjiastuti mengatakan terumbu karang Indonesia saat ini tengah menghadapi ancaman. Menurut dia, ancaman pemanasan global terhadap terumbu karang juga terjadi di dunia.

"Tak hanya di Indonesia, di dunia pada umumnya jumlah terumbu karang terus menurun drastis akibat global warming, penangkapan ikan ilegal dan kegiatan merusak manusia lainnya. Ini harus menjadi perhatian bersama," kata Susi Pudjiastuti disela kunjungan kerja Susi Pudjiastuti di Monaco.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat dan mempelajari pusat Pusat Ilmiah Monaco (The Scientific Center of Monaco) sebagai referensi pembangunan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI) dan Morotai Integrated Aquarium and Marine Research Institute (MIAMARI) yang pembangunannya akan selesai dalam waktu dekat.

Dalam kunjungan tersebut, Susi dan rombongan delegasi RI diterima oleh Presiden Pusat Ilmiah Monaco, Patrick. Mereka berdiskusi mengenai perkembangan penangkapan ikan ilegal dan kondisi terumbu karang Indonesia.

Susi Pudjiastuti mengajak semua peneliti untuk ikut menyelamatkan terumbu karang dunia. Susi didampingi Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Brahmantya Satyamurti Poerwadi dan Duta Besar (Dubes) Indonesia Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Perancis merangkap Andora dan Monaco, Letjen (Purn) Hotmangaradja MP Pandjaitan mengunjungi Pusat Ilmiah Monaco (The Scientific Center of Monaco).

Rombongan juga melakukan studi lanjutan dengan melihat-lihat fasilitas yang tersedia di Pusat Ilmiah Monaco didampingi peneliti Biologi Laut, Didier Zocolla. Di hari yang sama, rombongan juga bertemu dengan Honorary Consul RI untuk Monaco, Mahmoud Shaker Al-Abood guna membahas peluang dan hubungan kerja sama kedua negara di bidang kelautan dan perikanan dan hal terkait lainnya.

Susi Pudjiastuti bersama rombongan juga menghadiri rapat koordinasi Keketuaan Bersama International Coral Reef Initiative (ICRI) di Museum Oseanografi Monaco. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Susi bertemu dengan Minister Plenipotentiary, Special Adviser to the Prime Minister on Sustainable Development Issues Monaco, Bernard Faultier; Vice-president Chief Executive Officer of the Prince Albert II of Monaco Foundation; dan Margareth Johnson General Manager of Great Barrier Reef Marine Park Authority Australia.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.