Wapres Sierra Leone tertarik Bekerjasama dengan Indonesia


Berita setempat
schedule 23 Desember 2018
Dakar, Senegal
Img 20181223 101441

Wakil Presiden Sierra Leone, Mr. Mohamed Juddeh Jalloh tertarik dengan berbagai peluang kerja sama yang ditawarkan Indonesia, khususnya di bidang pertanian, pendidikan dan pembangunan infrastruktur

Hal ini disampaikan pada saat kunjungan kehormatan KUAI KBRI Dakar ke Freetown, Sierra Leone pada tanggal 16-18 Desember 2018. Pada kunjungan tersebut, KUAI juga melakukan pertemuan dengan Dr. Abu Bakar Karim, Penasihat Presiden Bidang Perdagangan dan Investasi, Mr. Joe Demby, Penasihat Presiden Bidang Kebijakan Ekonomi dan Keuangan. Pertemuan tersebut didampingi Konhor RI di Freetown, Mrs. Diaraye Barrie.


Pada pertemuan tersebut, KUAI menyampaikan mengenai potensi Indonesia sebagai negara besar dan emerging, serta kebijakannya dalam mengembangkan ekspor ke pasar non-tradisional di wilayah Afrika. Selain itu, juga disampaikan berbagai kerja sama yang telah dilakukan Indonesia dengan Senegal dan negara-negara rangkapan KBRI Dakar lainnya, khususnya pembelian pesawat CN-235 dan kerja sama di bidang industri strategis di sektor perkeretaapian, perkapalan dan pembangunan infrastuktur, serta kerja sama peningkatan kapasitas di bidang pertanian, dan pemberian beasiswa Kemitraan Negara Berkembang dan Darmasiswa. Untuk itu, KUAI menawarkan berbagai peluang kerja sama tersebut kepada Wapres untuk meningkatkan dan memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara yang masih rendah. Secara resmi KUAI juga menyampaikan SK Presiden RI atas pengangkatan Mrs. Barrie sebagai Konhor RI di Freetown.  


Menanggapi hal tersebut, Wapres menggarisbawahi arahan Presiden Julius Maada Bio, yang menjabat sejak April 2018, Sierra Leone yang memiliki kebijakan strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui sektor pendidikan, pertanian dan pembangunan infrastruktur. Untuk itu, Wapres menyambut baik tawaran kerja sama tersebut dan menginginkan agar kerja sama bersifat konkrit dan bermanfaat seperti pemberian bantuan teknis meliputi pelatihan dan pengembangan industri usaha kecil dan menengah sektor pertanian, bantuan peralatan pertanian, serta berbagi pengalaman dalam mencapai swasembada pangan. Selain itu, juga diusulkan kerja sama prioritas infrastruktur dan investasi, antara lain pembangunan jembatan yang menghubungkan Airport ke Freetown, renovasi airport, pembangunan jalan, pelabuhan, bendungan, perumahan rakyat dan gedung sekolah serta pembangunan industri UKM.


Wapres juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas pengangkatan Konhor Mrs. Barrie yang direkomendasinya, dan dinilainya sebagai sosok yang tepat dan sangat aktif dalam menjembatani, mempromosikan dan mempererat hubungan bilateral kedua negara. Selain itu, Mrs. Barrie juga memiliki jaringan luas ke pejabat tinggi pemerintah dan pengusaha. Hal ini akan menjadi aset penting kedua negara meningkatkan hubungan bilateralnya.  


Menutup pembicaraan, mengingat Presiden Sierra Leone direncanakan untuk melakukan kunjungan ke Vietnam dan RRT pada bulan Maret 2019, maka pihaknya akan menjajaki kemungkinan ke Presiden Bio juga berkunjung ke Indonesia pada waktu tersebut yang akan disampaikan secara resmi usulan tersebut ke Pemri.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.