Perayaan Natal WNI di Rusia dalam Semangat Kebersamaan


Berita setempat
schedule 24 Desember 2018
Moskow, Federasi Rusia
Img 20181224 194255

Perayaan tidak hanya dihadiri oleh umat Kristiani, tetapi juga umat beragama lainnya, seperti Islam, Hindu dan Kristen Orthodox.

Warga Negara Indonesia (WNI) umat Kristiani di Rusia di bawah koordinasi Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI) merayakan Natal yang diselengggarakan di KBRI Moskow pada 22 Desember 2018. Perayaan tersebut diwarnai  dengan kebersamaan dalam kebhinnekaan di tengah cuaca dingin dan bersalju yang menyelimuti Moskow.

P
erayaan tidak hanya dihadiri oleh umat Kristiani, tetapi juga umat beragama lainnya, seperti Islam, Hindu dan Kristen Orthodox. Selain WNI di Rusia, termasuk mahasiswa, diapora Indonesia, dan WNI yang sedang berkunjung ke Rusiam hadir juga warga Rusia dan warga beberapa negara lain, yaitu mahasiswa Malaysia, Singapura dan Nigeria. Di antara yang hadir turut mengisi acara menyemarakan perayaan Natal, termasuk paduan suara profesional Moscow conservatoria choir. 

Wakil Kepala Perwakilan RI di Rusia selaku Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI), Lasro Simbolon dalam sambutan Natal menyampaikan bahwa perayaan Natal sebagai anugerah dan rasa syukur. Pesan Natal untuk kehidupan bersama yang penuh kedamaian.

Menurut Lasro Simbolon, WNI di Rusia senantiasa menunjukan kebersamaan, hidup berdampingan dan bahu membahu, tidak hanya dengan sesama WNI yang majemuk, tetapi juga warga negara Rusia dan warga negara asing lainnya.

“Ini bagian dari kebersamaan kita dalam merayakan hari keagamaan, seperti hari keagamaan lainnya. Kita rayakan Natal tahun ini dengan penuh kedamaian dan kita songsong tahun 2019 dengan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat-Nya bagi kita semua,” kata Lasro Simbolon.

Ketua Panitia Natal, Kolonel Laut (S) Ariyan Dilli Louhenapessy, menyampaikan sebelum acara perayaan Natal ini WNI umat Kristiani di Rusia terlebih dahulu melaksanakan ibadah dan doa bersama dipimpin oleh Pastor Laurentius Lemdel yang khusus datang dari kota Volgograd, sekitar 970 km dari Moskow. Hadir juga Suster Jose Agustina dari Tambov, wilayah Rusia lainnya yang berjarak sekitar 460 km dari Moskow.

Natal tahun ini mengambil tema yang mengutip dari Alkitab, yaitu “Yesus hikmat bagi kita”, dengan subtema “Hidup bersama dalam hikmat Kristus”.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.