Indonesia jadi perhatian di Carnaval Paris


Berita setempat
schedule 06 Juli 2017
Paris, Perancis
Paris nusantara 4

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mewakili benua Asia terpilih untuk tampil di ajang bergengsi ini!

Pewarta: Zeynita Gibbons.
London (ANTARA News) -

Penampilan tim Indonesia dengan 120 personel menarik perhatian penonton Carnaval Tropical de Paris di sepanjang jalan Champs Elysees and Arc de Triomphe, Paris, Minggu.
Rombongan Indonesia terdiri atas diaspora, Asosiasi Franco-Indonesie dan PPI Paris tampil dengan paduan tarian dan musik Bali, Kalimantan, Maluku dan Sumatera Utara, Pencak silat serta barisan Nusantara dengan pakaian adat.



Carnaval tahunan ini yang dilaksanakan oleh Kantor Wali Kota Paris dengan tema sport and culture diikuti 33 peserta pilihan, 29 Asosiasi Kemasyarakatan di Prancis dan empat negara, kata Minister Counsellor KBRI Paris, Henry R Kaitjily kepada Antara London, Senin.
Ia mengatakan, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mewakili benua Asia terpilih untuk tampil di ajang bergengsi ini. Negara lain yang ikut hadir yaitu Colombia, Bolivia, Brasil dan Peru.



Acara Carnaval Tropical de Paris mendapat liputan secara langsung oleh berbagai TV lokal di Prancis disaksikan 25 juta pemirsa dan sekitar 500 ribu masyarakat setempat dan turis mancanegara yang memadati area Champs Elysees dan Arc de Triomphe.



Antusias warga Prancis untuk menyaksikan carnaval tahunan itu dimanfaatkan KBRI Paris dan masyarakat Indonesia di Prancis untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Prancis dan turis mancanegara.
Hal yang menarik adalah kehadiran anggota DPR RI Maruarar Sirait yang sedang berada di Paris bersama keluarga turut bergabung dan memberikan semangat bagi para peserta. Henry R Kaitjily mengatakan bahwa para penari dan pemusik tampil sukarela, sedangkan KBRI Paris hanya menyewakan truck, dekorasi, pinjam pakaian dan musik tradisional serta konsumsi.



Setiap tahun masyarakat Indonesia mempromosikan Budaya Indonesia kepada masyarakat setempat dan turis mancanegara di berbagai kota di Prancis yang merupakan ujud kecintaan terhadap Indonesia meskipun tidak didukung oleh Kementerian tetapi warga Indonesia dengan swadaya memberikan yang terbaik, demikian Henry R Kaitjily.
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.