Perhitungan Suara Di PPLN Marseille dari Pukul 10 pagi hingga Tengah Malam


Berita setempat
schedule 18 April 2019
Marseille, Perancis
Img 20190418 180040

Dari hasil penghitungan suara, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo – K.H. Ma’ruf Amin mendapatkan perolehan 372 suara (77.6%).

Rangkaian proses pemilihan umum dan penghitungan suara telah selesai dilaksanakan oleh PPLN Marseille, Prancis. Bertempat di KJRI Marseille, proses penghitungan suara dilakukan pada 17 April 2019 pukul 10.00 sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat.

Proses penghitungan berlangsung lancar dan penuh kekeluargaan khas Prancis selatan. Tidak ada cemoohan atau ejekan dari para pendukung atau saksi, semua bertepuk tangan menghargai pilihan dan perbedaan.



Dari hasil penghitungan suara, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo – K.H. Ma’ruf Amin mendapatkan perolehan 372 suara (77.6%) dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga uno mendapatkan perolehan suara sebanyak 95 suara (19.8%). Adapun 12 surat suara dinyatakan tidak sah.

Sedangkan dari hasil penghitungan suara pemilihan DPR RI, PDI-P meraih perolehan suara terbanyak dengan jumlah suara mencapai 124 surat suara. Partai Solidaritas Indonesia menempel ketat dengan perolehan 118 suara. Kedua partai tersebut mendominasi perolehan suara dengan meraih lebih dari separuh suara WNI di wilayah Prancis selatan. Sementara partai-partai lainnya tidak ada yang mencapai perolehan suara lebih dari 10%.

Dari 461 suara yang dihitung, surat suara yang dinyatakan tidak sah berjumlah 50 surat suara. Proses penghitungan sendiri dilakukan oleh PPLN Marseille dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) TPSLN dan KPPSLN Pos Marseille dengan disaksikan tiga orang saksi peserta pemilu.

Panitia juga menyediakan link bagi masyarakat Indonesia di Prancis selatan untuk menyaksikan live streaming melalui facebook page PPLN Marseille. Terdapat dua metode pemungutan suara di wilayah kerja PPLN Marseille, yakni melalui TPS dan pos.

Sebelumnya, proses pemungutan suara telah dilangsungkan pada (13/4) pukul 09.00 – 19.00 di KJRI Marseille. Pemilih yang datang dan memberikan suara sebanyak 86 orang dengan rincian 70 orang terdaftar sebagai DPTLN, 6 orang DPTbLN, dan 10 orang masuk dalam DPK. Selain itu, sebanyak 393 surat suara dikirimkan melalui pos.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.