Gema Budaya Indonesia di Golden Ring Rusia


Berita setempat
schedule 28 Mei 2019
Federasi Rusia
Img 20190528 092450

Beberapa pengunjung yang penasaran dengan musik gamelan naik ke panggung dan menyentuh, serta mencoba memainkan salah satu alat musik gamelan.

Tim Kesenian KBRI Moskow turut memeriahkan hari jadi Kota Ivanovo ke-148 tahun yang berlangsung tanggal 25 Mei 2019 di Ivanovo. Indonesia adalah satu-satunya negara yang diundang dalam acara tersebut.

Tim yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi ini menampilkan berbagai acara seperti pertunjukan musik gamelan, tari-tarian, lokakarya tari dan juga dilibatkan dalam acara pembukaan bersamaan dengan tim kesenian lokal.



Pertunjukan g
amelan menarik perhatian masyarakat setempat yang menyaksikan karena keunikan alat-alat musiknya yang membentuk suatu orkestra. Ketertarikan masyarakat ditambah ketika dua pesinden berkewarganegaraan Rusia, Yulia Ryzhaya dan Anna Zhikhareva menyanyikan beberapa lagu seperti Selendang Biru, Simpang Lima, Aja Dipleroki, Ayun Ayun, dan Kuwi Apa Kuwi. Bahkan Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow asuhan Tri Koyo ini mengiringi acara fashion show yang menampilkan desainer lokal.



"Ini adalah penampilan gamelan di kota keempat di Rusia dalam dua tahun terakhir, setelah Moskow, Moskow Region, Kazan dan St. Petersburg. Untuk kedua kalinya pula gamelan mengiringi acara fashion show di Rusia. Hal ini menunjukkan bahwa musik tradisional Indonesia semakin diterima di Rusia,” kata Dubes Wahid kepada masyarakat setempat dalam sambutannya di sela-sela pentunjukan gamelan.

Acara semakin meriah dengan penampilan tarian dari berbagai daerah Indonesia oleh Kirana Nusantara Dance yang juga binaan KBRI Moskow asuhan Elizabeth Nur Nilasari. Di antara tarian-tarian tersebut adalah Tari Tifa (NTT), Tari Incling Jangget (Jateng), Tari Enggang (Kaltim), Tari Piring (Sumbar), Tari Golek Kenya Tinembe (Yogyakarta), Tari Cendrawasih (Bali), dan Tari Margapati (Bali). Ada juga tarian interakatif Syantik dan Gemu Famire yang melibatkan pengunjung. Selain gerakan-gerakan dan musiknya, kostum tari yang dikenakan penari menarik perhatian pengunjung.

Pengunjung  dengan penuh antusias menyaksikan pertunjukan gamelan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Tidak sedikit pengunjung yang mengabadian penampilan Tim Kesenian KBRI Moskow inidengan kamera telepon genggamnya atau kamera khusus. Beberapa pengunjung bahkan berswafoto dengan Tim Kesenian KBRI Moskow yang secara keseluruhan adalah warga Rusia.

Beberapa pengunjung yang penasaran dengan musik gamelan naik ke panggung dan menyentuh, serta mencoba memainkan salah satu alat musik gamelan. Sementara itu, sejumlah siswa-siswi Ivanovo mempelajari tarian kreasi baru Indonesia, yaitu Tari Sintren dari Jawa Barat pada acara lokakaryadi Pusat Budaya dan Hiburan Ivanovo.

Oleg Kasatkin, salah seorang warga Ivanovo mengatakan sangat senang dan gembira dengan kehadiran Indonesia pada perayaan Kota Ivanovo ini. “Saya suka sekali Indonesia dan saya cukup lama tinggal di Bali. Saya sangat senang bertemu dengan orang Indonesia yang datang ke Ivanovo,” kata Oleg yang juga masih ingat sejumlah kata dalam bahasa Indonesia.

Sementara Olga Fedoseyeva, Ketua Komite Kebijakan Kepemudaan, Kesehatan Jasmani dan Olahraga Kota Ivanovo yang merupakan salah seorang panitia pelaksana Hari Kota Ivanovo menyampaikan bahwa penampilan Tim Kesenian KBRI Moskow sangat luar biasa.

“Saya menceritakan kepada semua orang tentang Tim Kesenian KBRI Moskow. Anda adalah orang-orang hebat dan kami semua senang dan bangga dengan Anda,” ujar Olga yang terus mendampingi Tim Kesenian KBRI Moskow selama acara berlangsung.

Apresiasi yang besar atas kehadiran Tim Kesenian KBRI Moskow disampaikan juga oleh Gubernur Ivanovo Region Stanislav Voskresenky saat bertemu dengan Dubes Wahid. Atas undangan Dubes Wahid, Gubernur Voskresenky menyampaikan rencana akan hadir dan juga akan mengirim tim kesenian dan pengusaha dari Ivanovopada forum bisnis dan Festival Indonesia tanggal 1-4 Agustus 2019 di Moskow.

Gubernur Voskresensky juga sepakat untuk mengembangan kerja sama dengan Indonesia khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, budaya, dan sister province. Bagi Gubernur Voskresenky, Indonesia tidak begitu asing karena sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia.


Ivanova yang berjarak sekitar 300 km ke arah timur laut kota Moskow adalah kota bersejarah dan juga kota industri dengan penduduk lebih dari 400 ribu orang dari keseluruhan sekitar 1 juta jiwa penduduk Ivanova Region. 
Kota ini masuk dalam area golden ring Rusia karena letaknya tidak terlalu jauh dari Moskow dan menjadi salah satu jalur dan pengembangan destinasi pariwisata Rusia, selain Sergiev Posad, Vladimir dan Suzdal.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.