Kalau Ke Sète Wajib Makan Tielle!


Kuliner
schedule 01 April 2018
Sète, Perancis
Original 16 tielle    v  damourette   2018

Pastry bundar dengan isi gurita dan saus tomat agak sedikit pedas ini memang lezat! Makanan yang disebut tielle ini, adalah kulinernya kota Sète. Yaitu kota nelayan di daerah Perancis Selatan.

Salah satu spesialisasi dari kota Sète ini adalah tielle! Kue pastry bundar dengan pinggiran bergalur berisi saus tomat dan gurita, agak sedikit pedas. Makanan asin khas kota ini sangatlah terkenal. Bila datang ke sini tanpa mencicipinya rasanya kurang afdol!



Kuliner ini pada awalnya dimula oleh para migran Gaeta, Italia Utara Naples pada abad ke 19. Orang-orang italia ini, pada masa itu membutuhkan makanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Pekerjaan mereka sebagai pendatang yaitu petani dan nelayan  di kota Sète membuat mereka mencari ide untuk mengolah makanan yang bisa bertahan lama. Mereka para italia ini terbiasa dengan pizza, hanya jenis makanan ini tidak bisa disimpan dalam untuk beberapa hari. Namun ide makanan ini adalah dari pizza, hanya olahan dengan saus tomat yang dianggap bisa membuat makanan lebih tahan lama dan kemudian ditutupi bagian atas dengan pastry, membuat makanan ini lebih praktis untuk dibawa perjalanan dan isinyapun lebih tahan lama.

Dulu tielle merupakan makanan pokok bagi para petani dan nelayan di Sète, kini lebih dikenal sebagaimakanan pembuka dengan salada. Di kota ini ada berbagai macam toko yang menjual tielle. Semua sesuai dengan selera, namun bagi saya salah satu yang paling lezat karena isi dan pastrynya yang berbeda dengan tielle di toko lainnya, yaitu tielle Sophie Cianni!

Nah, bila datang ke kota nelayan ini, jangan lupa mencicipinya dan membawa pulang sebagai oleh-oleh kuliner!


 


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.