Dapatkan SIM Perancis Dengan Bantuan Pemerintah, Bisa!


Tips
schedule 01 Mei 2018
Agde, Perancis
Sim

Tinggal di perancis tanpa punya surat mengemudi rasanya sangat susah sekali. SIM indonesia tidak di akui di negara ini, membuat saya wajib masuk ke sekolah mengemudi (Auto Ecole), biayanya sangat mahal! Tapi untungnya saya menemukan jalan keluar!

Buat SIM di Perancis itu susah susah gampang loh! Kenapa susah kenapa mudah? Sulitnya karena kita harus betul-betul memahami bahasa perancis terlebih dahulu. Mudahnya karena mungkin bagi sebagian yang sudah biasa mengemudi di Indonesia tidak akan gagap lagi dengan mobil, hanya saja peraturan berkendara di Indonesia dan di Perancis banyak terdapat perbedaan.

Keinginan saya buat SIM pertama kali adalah saat saya harus kemana-mana dengan transportasi umum, masalahnya saya tinggal di kota kecil, dan banyak kegiatan dan urusan administrasi yang harus dilakukan di kota besar terdekat yaitu Montpellier. Jadi untuk ke sana saya harus menggunakan bis lalu kereta. Kurang praktis bagi saya karena jadwal transportasi publik sering tidak sesuai dengan aktivitas saya. Begitu juga saat saya ada keperluan seperti harus belanja yang berat-berat, saya harus meminta suami mengantarkan. Suami kerja jadi harus tunggu dia pulang dulu, yang ada saya jadi sering merepotkan ibu mertua atau adik ipar. Aduh, lama-lama kan nggak enak juga ya. Akhirnya saya memutuskan untuk belajar kode menyetir di Mission Locale secara gratis dengan beberapa pemuda pemudi lainnya di kota saya.

Pertama tama untuk Candidat Libre (peserta bebas) langsung saja ke website government " ants.gouv.fr " -> "Mon Espace" -> " crée un compte / s'identifier avec FranceConnect" -> " Mon espace conducteur " -> " Commencer la demande ". ikuti langkah atau petunjuk yang tertera, untuk foto numeriquenya langsung saja ke photobox seperti biasa tapi dengan option " photo ANTS permis de conduire. Proses ini untuk mendapatkan code identifiant dari prefecture (Numero d'Enregistrement Prefectoral Harmonise) yang biasa disebut NEPH dan memakan waktu sekitar kurang lebih 2 bulan. Jika sudah dapat NEPH nya kita baru bisa mendaftar ujian kode, yes!

Belajar Code :
Jika bahasa perancis kita sudah lumayan baik, kita bisa mulai dengan belajar Code de la route/ kode menyetir. Di sini kita bebas memilih mau belajar otodidak hingga ujian ( Candidat libre) atau memilih jalur auto ecole seperti biasa. Apa bedanya Candidat libre dan auto ecole ? Beda di waktu dan biaya tentunya. Kalau kita memilih belajar sendiri di rumah sambil jaga anak dengan mengakses soal soal ujian dari internet tentu jatuhnya lebih murah dibanding dengan biaya pendaftaran auto ecole + biaya belajar code (biasanya untuk 3 bulan) + biaya daftar ujian + biaya ujian nya.



Contohnya : Daftar Auto ecole (sekolah mengemudi) €50 + belajar kode €300 ( 3 bulan) + €20 biaya pendaftaran ujian + €30 untuk biaya ujian di La Poste. Candidat libre : belajar sendiri, latihan soal soal dari internet (unlimited), instal aplikasi gratisan di play/apple store, dan hanya €30 untuk ujian. Kelihatankan beda nya? Tapi ya tergantung individu, kalau memang tidak yakin bisa belajar sendiri ya lebih baik ke auto ecole saja. 

Les aides Financieres/ dana bantuan : Di Perancis ada banyak banget bantuan yang mereka berikan untuk kita yang ingin mendapatkan sim. Tergantung berbagai faktor, karena usia, situasi hidup, dan juga motif lainnya. Ini beberapa bantuan pemerintah yang bisa kita akses : -Pole Emploi (Code et Conduite), - l'aide du coseil departemental (AFIE) (conduite), La bourse au peris de la ville (code et conduite), - Les mesures départementales jeunesse (conduite), - Le PACEA de la Mission Local (Code et Conduite) yang terakhir ini adalah bantuan yang saya dapat untuk membayar separuh dari biaya conduite. Biaya yang saya sebutkan tadi adalah, karena keperluan untuk mencari kerja, bantuan dari daerah, bantuan untuk usia di bawah 26 tahun atau bantuan untuk anak muda. Oh merci la France !
Untuk lebih jelasnya tentang bermacam jenis bantuan ini dan cara mendapatkannya, silahkan langsung ke Pole Emploi atau Mission locale untuk yang dibawah 26 tahun. 

Ujian kode akan diadakan di La poste setempat atau di tempat yang telah ditentukan di daerah masing-masing. Caranya kita mendaftar terlebih dahulu di website nya la poste www.lecode.laposte.fr dan ikuti setiap langkahnya, jangan lupa bawa convocation dan Piece identite  (surat panggilan dan kartu identitas) ya pas hari H nya. Nanti kita akan di tempatkan di suatu ruangan yang biasanya hanya ada 6 peserta dan tiap pesera di beri headphone dan tablet yang tertulis NEPH (nomor peserta pendaftaran ujian) kita. Ada 40 soal ujian, kita hanya diperbolehkan salah 5, lebih dari itu kita harus mengulang lagi ujian nya dan tentunya bayar lagi €30, lumayan banget kan!



Langkah berikutnya setelah kita lulus ujian kode kita bisa langsung ambil belajar mengemudi. Di sini ini kita hampir wajib ke Auto Ecole (sekolah mengemudi), kenapa ? Karena sangat  jarang sekali ada orang yang belajar conduite dengan cara Candidat Libre, karna di haruskan mempunyai mobil dengan "Double Commande" dan itu harga sewa nya mahal dan masih banyak lagi syarat syarat rumit lainnya yang membuat kita memutuskan akhirnya untuk ke Auto Ecole saja.

Belajar mengemudi yang wajib kita lakukan adalah 20 jam, jumlah jam itu peraturan dari pemerintah ya.. Setelah selesai 20 jam mengemudi kita bisa mendaftar langsung untuk ujian mengemudi. Harga  lesson conduite (belajar menyetir) per jam nya tergantung daerah kita tinggal, contohnya di tempat saya untuk 20 jam conduite plus ujian €850 harga yang saya bayar dan €40/ jam untuk biaya tambahannya, dan harga di kota lain pun lebih bervariasi, bisa lebih mahal, murah atau sama.

Setelah mendaftar dan mendapatkan hari serta jam untuk ujian menyetir, saya pun mulai mempersiapkan diri dan mengecek kembali apa saja yang perlu saya bawa di hari ujian nanti. Yang paling penting dan tidak boleh lupa adalah kartu identitas diri yang menandakan kita tinggal di Perancis. Dan ingat datang tepat waktu wajib! Di ujian menyetir ini kita wajib mendapatkan minimal 20 point, bila kurang dari itu ya terpaksa harus ulang lagi ujiannya alias dinyatakan tidak lulus. Biaya mengikuti ujian adalah €80. Jika kita gagal sekali dalam ujian menyetir, kita wajib ambil belajar menyetir lagidan tentu untuk mengambil pelajaran menyetir kembali, kita harus bayar per jam nya.



Setelah kita lolos ujian kode dan menyetir, saatnya meminta dan membuat SIM (Demande Fabrication de Permis de conduire). Langkah ini bisa kita lakukan sendiri loh! Karena kalau kita meminta sekolah mengemudi yang membuatnya mereka akan meminta kita untuk bayar sekitar €25, duit lagi! Lebih baik kerjain aja sendiri; lol. Lebih hemat dan mudah kok, pilih saja option nya "fabrication permis de conduire", proses ini akan memakan waktu lebih dari 1 bulan sama saja dengan kalau kita bayar! Tapi meskipun belum kelar SIM resmi, kita tetap bisa mengemudi dengan certifikat ujian conduite sambil menunggu Sim kita selesai dibuat. Jadi jangan khawatir.

Hati hati ya, wajib tau kalau tahun pertama mengemudi kita hanya punya 6 points, kalau kita tidak melakukan kesalahan (contraventions) point kita akan bertambah 2 points tiap tahun nya hingga tahun ketiga 12 points totalnya.

Yeay!!!!! Kalau SIM sudah ditangan, yang lebih susah adalah menjaganya agar tidak berkurang pointnya dan hati hati dengan l batas kecepatan (imitation vitesse) ya teman-teman. Karena selain point kita berkurang, kita juga kena denda mulai dari 90 euros! Mahal kan?!



Berikut website gratis yang bisa kalian gunakan untuk latihan kode menyetir, dicatat ya : 

- www.permisecole.com
-www.codedelaroutegratuit.fr
-www.code-route.com/code-de-la-route-test
-www.code3000.net/tests-code-route.php
-www.codeclic.com/gratuit.ph
-www.passetoncode.fr/tests-de-code-de-la-route-gratuit-en-ligne
-www.codiko.com/code-gratuit
-www.testcodedelaroute.com

Dan untuk aplikasi yang saya pakai : Digischool, saya bayar €10/2 bulan karena waktu itu lagi promosi.


Selamat mencoba! Tidak ada yang tidak memungkinkan di dunia ini asal kita niat dengan sungguh-sungguh. Sudah terbukti kan?
Silahkan bagi pengalaman teman-teman dan bila ada pertanyaan, dengan senang hati saya akan membantu.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.