Kehangatan Berlebaran Di KJRI Marseille


Marseille, Perancis
35484871 10213548425837259 3642312964872077312 n

Jauh dari sanak keluarga di Tanah Air, bukanlah hal mudah yang bagi para WNI yang berada di perantauan di Luar Negeri. Khususnya di Hari Raya dimana saat semua keluarga berkumpul. Tapi kerinduan akan suasana hangat ini bisa sedikit terobati dengan acara lebaran di KJRI Marseille.

Setiap tahunnya, untuk acara-acara keagamaan kantor perwakilan Indonesia di Luar Negeri, mengadakan acara guna menjalin silaturahmi dan wadah pertemuan antara sesama warga indonesia. Untuk Hari Raya Idul Fitri, KJRI mengadakan shalat Ied bersama. Usai shalat, di sinilah keharuan sangat terasa, ketika acara salam untuk saling memaafkan. Saat itu, teringat akan orang tua yang jauh, kerabat dekat dan suasana indah di kampung halaman yang selalu terasa spesial di hari lebaran.



Puncak dari acara adalah halal bihalal. KJRI Marseille di bawah pimpinan Konjen Asianto Sinambela, usai acara shalat Ied, menyambut warga indonesia di Wisma KJRI untuk halal bihalal dan menyampaikan beberapa pesan mengenai Indonesia.

Untuk mengobati rasa rindu, tentu saja hidangan khas lebaranpun di sajikan. Ketupat, opor ayam, gulai, sambal goreng kentang dan masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang biasa disajikan saat berlebaran.



Beberapa warga yang datang dari kota-kota di luar Marseille, menempuh jarak ratusan kilometer sengaja mendatangi KJRI Marseille, karena merasa masih pentingnya berlebaran ala indonesia. Alasan lainnya adalah, karena dengan berkumpul sesama WNI, kerinduan akan suasana berlebaran di Tanah Air bisa sedikit terobati.

Memang suasana akrab sangat terasa di sini. Bagi para pendatang baru, ini adalah kesempatan untuk saling berkenalan dan menjalin tali silaturahmi. Yang sudah saling kenalpun, rasanya di acara seperti inilah, saat dimana sesama perantauan bisa menjadi lebih akrab, bertukar cerita suka duka hidup di Luar Negeri.

Saat acara foto bersama adalah saat yang paling disukai, karena di sini terasa, bagaikan kita ini adalah saudara yang diikatkan oleh pertalian serumpun.






Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.