Pameran Foto “Old and New Indonesia” Semarakkan HUT RI ke-75 di Ceko

Pameran foto ini menampilkan hasil karya traveller dan fotografer Ceko, Miroslav Zikmund dan Tomas Vanourek, yang melakukan perjalanan ke Indonesia pada periode yang berbeda.

Dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-75 RI di Republik Ceko, KBRI Praha bekerja sama dengan Zikmund 100 Project dan Restoran Garuda menggelar pameran foto “Old and New Indonesia” di Restoran Garuda, Praha, 7 Agustus – 6 September 2020.

Pameran foto dari fotografer Ceko ini adalah seorang traveller legendaris Ceko melakukan perjalanan ke beberapa negara Asia termasuk Indonesia pada tahun 1962.

Selama perjalanannya, Zikmund mengabadikan beberapa lokasi antara lain Pulau Nias, Candi Borobudur, Candi Prambanan, hingga pulau dewata Bali. Selang 56 tahun kemudian di tahun 2018, Tomas Vanourek melakukan napak tilas ke tempat-tempat yang disinggahi oleh Zikmund dan mengabadikan titik yang sama.

Pameran foto ini dibuka oleh Duta Besar RI Praha, Kenssy D. Ekaningsih, pada 7 Agustus 2020 di Restoran Garuda.

Dubes Kenssy menyatakan KBRI Praha menyambut baik pameran foto yang digagas oleh Tomas Vanourek untuk memperkenalkan Indonesia melalui tampilan Indonesia masa lampau dan masa kini. “Yang menarik dalam pameran foto ini, Vanourek berhasil bertemu dengan keturunan langsung dari objek foto Zikmund, sehingga foto yang ditampilkan bercerita tentang Indonesia di masa lalu dan masa kini,” Dubes Kenssy menambahkan.

Pada acara pembukaan tersebut, Tomas Vanourek menceritakan pengalamannya saat melakukan napak tilas perjalanan Zikmund ke Indonesia. Acara pembukaan juga diisi dengan presentasi sutradara terkenal Ceko, Jiri Novak, yang menampilkan seri dokumenter TV tentang petualangan aktor Ceko Roman Zach di beberapa lokasi di Indonesia seperti Jawa Timur, Yogyakarta, Flores, Alor dan Sumba. Seri dokumenter berjudul “Looking for the Lost World” tersebut telah ditayangkan di stasiun TV nasional Ceko, Ceska Televize. Selain presentasi pada pembukaan pameran foto tanggal 7 Agustus 2020, KBRI Praha juga akan menggelar presentasi lanjutan oleh Roman Zach pada tanggal 21 Agustus 2020.

Menurut Dubes Kenssy, promosi Indonesia melalui karya fotografi yang digagas oleh Tomas Vanourek tersebut menunjukkan berkesannya Indonesia bagi warga Ceko yang pernah melakukan perjalanan ke Indonesia. “Antusiasme para pesohor Ceko – traveller, fotografer, aktor, sutradara –  untuk mempromosikan Indonesia di Ceko menunjukkan kecintaan mereka pada Indonesia. Kehadiran mereka pastinya menambah jumlah friends of Indonesia di Ceko yang akan mendukung soft diplomacy KBRI Praha,” kata Dubes Kenssy.  

Meski dunia tengah dilanda pandemi Covid-19, termasuk Ceko, KBRI Praha terus berupaya melakukan berbagai kegiatan promosi Indonesia, baik ekonomi, pariwisata dan budaya, guna memperkenalkan Indonesia lebih luas lagi di Ceko. Momentum yang juga bertepatan dengan HUT RI ke-75 tersebut merupakan persembahan KBRI Praha bagi Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *