Penutupan Festival dan Pekan Film Indonesia di Kota Aurons

Rangkaian Kegiatan Festival dan Pekan Film Indonesia di kota Aurons yang berlangsung dari tanggal 19 – 26 Juni 2021 ditutup dengan seminar pengenalan budaya dan pariwisata Indonesia pada 26 Juni 2021 di Mediatheque Pemerintah Kota (Pemkot) Aurons.

Sebagai pembicara seminar adalah Atase Pendidikan dan Budaya KBRI Paris, Prof. Dr. Warsito dan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Prancis, Eka Moncarre. Pada kesempatan tersebut, Konsul Protokol dan Konsuler KJRI Marseille juga menyampaikan perkembangan terkini terkait aturan perjalanan warga asing ke Indonesia.

Acara kemudian dilanjutkan dalam suasana yang lebih santai berupa ramah tamah seraya menyantap kudapan trandisional Indonesia di halaman Mediatheque. Pada kesempatan tersebut, Konjen RI Marseille menyampaikan apresiasi dan plakat ucapan terima kasih kepada Wali Kota Aurons beserta jajarannya, serta Cira Bhang sebagai inisiator sekaligus salah satu koordinator acara. Sebagai kenang-kenangan, Konjen RI memberikan miniatur stupa Borobudur dan komik Ma voisine est indonésienne (tetanggaku orang Indonesia) karya Emmanuel Lemaire kepada Wali Kota Aurons.

Selain itu, Konjen RI juga memberikan hadiah sepasang ukiran wanita Bali yang mengenakan kain batik untuk dipajang di Mediatheque. Sebaliknya Konjen RI juga menerima hadiah salah satu foto karya Patrick Sauvagge yang sebelumnya dipajang di galeri Pemkot Auron sebagai bagian dari pameran Indonesia. Patrick Sauvage pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 1970an dan mengabadikan momen kunjungannya kedalam bentuk foto-foto kehidupan masyarakat dan lingkungan Indonesia. 

Meskipun Festival dan Pekan Film Indonesia di Kota Aurons secara resmi telah ditutup, namun penayangan video cerita dongeng anak-anak Indonesia di Mediatheque akan tetap dilaksanakan setidaknya hingga 19 Juli 2021. Kegiatan penayangan video akan disandingkan dengan salah satu kegiatan ekstrakurikuler pembuatan topeng kertas yang terinspirasi dari aneka topeng tradisional Indonesia yang sebelumnya dipamerkan di galeri pameran.

Apresiasi masyarakat setempat terhadap kegiatan festival dinilai sangat baik. Interaksi pengunjung dengan pengisi acara serta dukungan warga setempat menjadi bukti hal tersebut. Wali Kota Aurons dan staf nya juga berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali di kotanya pada tahun yang akan datang.

Satu tanggapan untuk “Penutupan Festival dan Pekan Film Indonesia di Kota Aurons

  • 2 Juli 2021 pada 17 h 56 min
    Permalink

    Salut dengan para Diaspora Indonesia di Luar Negeri yang selalu aktif promosikan Indonesia

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *