Dapat Bakso Gratis! Begini Kemeriahan Sosialisasi Pemilu PPLN Frankfurt di Stuttgart

Halo sobat surat dunia! Tidak terasa nih, waktu pemilihan umum Indonesia sudah kurang dari 100 hari lagi. Tidak cuma Komisi Pemilihan Umum di tanah air, para panitia penyelenggara pemilu di luar negeri alias PPLN juga tengah bekerja keras gencarkan sosialisasi. Salah satunya, tentu saja PPLN Frankfurt yang menjadi panitia pesta demokrasi di mana saya berdomisili saat ini.

Stan PPLN Frankfurt

Belum lama ini, tepatnya hari Minggu 26 November 2023 sosialisasi besar-besaran pun digencarkan di kota Stuttgart. Stuttgart yang merupakan kota besar sekaligus ibu kota dari Bundesland (semacam provinsi) Baden-Württemberg ini dipilih lantaran ada ratusan warga Indonesia. Oleh karena itu, PPLN Frankfurt berkolaborasi dengan PPI Stuttgart menjadi penyelenggara acara ini.

Warga Stuttgart yang hadir

Bertajuk, “Sosialisasi dan Nobar Pemilu 2024“, berlangsung di kampus Universitas Hohenhelm. Tidak disangka, antusias masyarakat Indonesia cukup besar. Tercatat event ini dihadiri 180-an orang. Rupanya, orang-orang tidak hanya penasaran dengan pemilu tapi juga bazaar makanan hehehe. Pasalnya, area bazaar itu selalu dipadati pembeli yang kangen dengan jajanan nusantara.

Nobar film Kejarlah Janji

Acara dimulai dari pukul 12.15 dan didahului dengan nonton bareng film Kejarlah Janji. Kemudian MC membuka acara dan dilanjutkan dengan berbagai sambutan, yakni dari ketua PPI Stuttgart Andre Fahriz Harahap, dilanjut ketua PPLN Frankfurt Wahyu Wijaya Hadiwikarta, ketua Panwaslu Frankfurt Etty Prihartini Theresia dan video sambutan dari Konjen RI Frankfurt Antonius Yudi Triantoro. Usai sambutan, semua foto bareng.

Sambutan virtual Konjen RI Frankfurt Antonius Yudi Triantoro
Foto bareng usai acara

Selanjutnya ada acara hiburan tari Bali dari dua anggota PPI Stuttgart yang membuat suasana makin meriah. Kemudian sosialisasi Pemilu hingga tata cara pencoblosan oleh anggota PPLN Sofyan Muslim.

Sosialisasi Pemilu oleh Sofyan Muslim dari PPLN Frankfurt

Acara jadi makin seru saat bagi-bagi hadiah kuis yang dilakukan oleh saya! Wah senangnya karena banyak yang ikutan dan antusias! Acara kemudian ditutup dengan foto bareng dan makan bakso gratis! Pas banget, semangkuk bakso hangat nan lezat di tengah cuaca Jerman yang sudah masuk di bawah 5 derajat Celcius! Brrrrr!!!!

Warga antre bakso gratis
Ini dia baksonya

Salah satu yang khas dari sosialisasi Pemilu adalah adanya stand informasi. Warga pun bisa bertanya ke staf PPLN yang ada di sana untuk memeriksa apakah mereka sudah terdaftar atau belum di Pemilu 2024. Hal ini tentu menjadi tantangan, lantaran banyak pelajar hingga peserta Ausbildung atau Au-Pair yang baru tiba di Jerman sehingga mereka bingung.

Pasalnya, bagi mereka yang sama sekali belum terdaftar baik di Indonesia maupun saat mereka merantau, dipastikan mereka akan berstatus “DPK“ atau Daftar pemilih khusus. Ini artinya mereka hanya akan mendapat surat suara sisa dan bisa mencoblos setelah semua yang terdaftar DPT menggunakan hak pilihnya.

Oiya. Pemilu Indonesia 2024 di Jerman akan berlangsung pada hari Sabtu 10 Februari 2024. Lalu TPS di Frankfurt am Main sendiri akan berlokasi di Klassikstadt yang beralamat di Orberstrasse 4a, Frankfurt. Sementara perhitungan suara bakal berlangsung di Wisma Indonesia Frankfurt am Main.

Satu tanggapan untuk “Dapat Bakso Gratis! Begini Kemeriahan Sosialisasi Pemilu PPLN Frankfurt di Stuttgart

  • 30 November 2023 pada 23 h 22 min
    Permalink

    Di Indonesia nggak pernah tuh ada Sosialisasi Pemilu pake acara makan2, enaknya yang di LN

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *