Jadi Volunteer Euro 2024: Ketemu Hooligans Inggris Sampai Keliling Stadion Gratis!

Catatan Aulia Kurnia Hakim

Hallo Sobat Surat Dunia, kembali saya melanjutkan cerita bagian dua sebagai Volunteer Euro 2024 di Jerman. Saya yang bertugas sebagai Host City welcome and info volunteer kebetulan mendapatkan lima shift kerja selama event tersebut berlangsung di kota Frankfurt. Lokasinya bisa berbeda-beda, misalny di stasiun utama, bandara dan bisa juga di tengah pusat kota.

Saat bertugas di Bandara Frankfurt

Shift pertama, saya bertugas di stasiun menyambut fans Belgia dan Slovakia. Ini mwrupakan laga awal di kota Frankfurt pada 17 Juni lalu. Tugas kami sebagai volunteer adalah memberikan informasi kepada fans internasional soal fan zone, hingga bagaimana cara menuju stadion. Jujur sih, agak capek ya karena 5 jam kebanyakan jalan dan berdiri. Namun, hepi juga karena dapat partner kerja yang menyenangkan.

Jadwal yang harus diinfokan ke para fans
Jelang laga Inggris vs Denmark

Shift selanjutnya, saya ditempatkan di tengah pusat kota. Sebenarnya ini yang paling asik, karena kami bertemu demgan berbagai karakter fans. Apalagi pertandingan yang bakal terselenggara adalah Denmark melawan Inggris. Nah, fans Inggris tuh terkenal dengan kefanatikannya sebagai Hooligans. Rada ngeri-ngeri sedap sih, tapi Alhamdulillah semua aman terkendali.

Hebohnya para fans Inggris di pusat kota Frankfurt

Para fans Inggris memang rusuh dan suka rame sendiri. Namun kalau secara individu, mereka adalah pribadi yang sopan. Mereka juga kading bertingkah konyol yang lucu, tetapi saat sudah mabuk, berkerumun dan bergerombol, mulai deh mereka bertingkah. Makanya tidak heran, saat fans-fans ini berkumpul ramai-ramai, banyak polisi bersiaga.

Selanjutnya saya tugas di bandara. Tugasnya kurang lebih sama dengan di stasiun. Namun di bandara Frankfurt jelas lebih menantang, lantaran tempatnya lebih luas. Kerja kami juga di beberapa titik berjauhan. Apalagi ada eskalator yang rusak. Bener-bener deh! Untungnya, dapet partner yang seru dan bahasa Inggrisnya bagus banget, sehingga hari itu cukup bahagia. Sisanya kebanyakan di stasiun hehehe.

Foto dengan kolega di stasiun

Kalau ditanya, apa sih untungnya jadi volunteer? Yang pasti sih enggak dibayar ya, tetapi kami dapat perlengkapan tugas, makanan, kupon makanan hingga berbagai keuntungan lain. Di antaranya, selama tugas bisa keliling kota Frankfurt gratis dan dapat kesempatan buat ketemu orang-orang penting. Seperti pemain sepak bola, mantan bintang lapangan hijau seperti Philipp Lahm dan Luis Figo, hingga tokoh publik seperti wali kota Frankfurt Mike Josef.

Selain itu, Alhamdulillah kami juga dapat kesempatan blusukan keliling stadion Frankfurt, yakni Deutsche Bank Park arena gratis. Uniknya, kami dibawa keliling ke area-area yang spesial disiapkan untuk momen Euro. Nah, saat saya berkunjung itu tanggal 29 Juni atau dua hari sebelum laga 16 besar yang mempertemukan Portugal dan Slovenia. Jadi, kami jajah duluan sebelum Cristiano Ronaldo tiba hihihi.

Bergaya di stadion

Hal ini pasti bakal jadi momen yang tak terlupakan seumur hidup, meskipun ada sedolor penyesalan karena belum banyak bangun networking, lantaran bahasa Jerman saya masih belepotan 🙁 Euro 2024 juga bikin saya patah hati, karena Timnas Jerman sudah gugur di perempat final, hiks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *