KJRI Frankfurt Fasilitasi Perusahaan Indonesia pada Pameran Biofach 2023

Indonesia kembali berpartisipasi untuk ketujuh kalinya pada Pameran Biofach tahun 2023 yang berlangsung mulai tanggal 14 sampai 17 Februari 2023 di Kota N├╝rnberg, Jerman. Pada pembukaan paviliun Indonesia, Konsul Jenderal RI di Frankfurt, Acep Somantri mengharapkan agar para peserta dapat memanfaatkan Biofach sebagai pameran dagang yang strategis untuk memperkuat jejaring serta memperoleh capaian bisnis lebih besar.

Turut hadir dalam acara peresmian, Direktur Pengembangan Ekspor Primer, Kementerian Perdagangan didampingi Kepala Indonesian Trade Promotion Center di Hamburg dan Atase Perdagangan KBRI Berlin.

Sebagaimana pada tahun sebelumnya, Indonesian Trade Promotion Center Hamburg, bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Ekspor Produk Primer- Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Atase Perdagangan KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt memfasilitasi kehadiran perusahaan Indonesia.

Terdapat tujuh perusahaan di pavilion Indonesia, yaitu Intrafood Singabera Indonesia, PT Natural Joy Foods, PT Herendong Green Farm, PT Berkat Petani Indonesia, PT Kawanasi Sehat Dasacatur, PT Natural Indococonut Organik dan CV Hugo Inovasi.

Sejumlah perusahaan Indonesia lainnya juga terlihat membuka stan secara mandiri disamping beberapa perusahaan yang hadir sebagai visitor dalam rangka kelanjutan kontrak bisnis dengan kliennya.

Kehadiran Indonesia pada pameran Biofach tahun 2023 telah memberikan manfaat nyata, yaitu terciptanya hubungan bisnis langsung dengan pembeli mancanegara dan nilai transaksi yang terus meningkat.

Adapun di tahun 2022 para peserta berhasil memperoleh kesepakatan penjualan sebesar USD 2.1 juta. Manfaat lain adalah pesan kuat kepada komunitas organik dunia mengenai kesungguhan Indonesia menjadi produsen dan eksportir produk organik.

Hal menarik lainnya adalah kehadiran Import Promotion Desk / IPD Jerman di Biofach. IPD kerap membantu komunitas organik Indonesia dalam hal capacity building pengembangan produk organik hingga pemasaran produk ke Jerman dan kawasan EU.

Bagi Indonesia, pasar Jerman dan Eropa pada umumnya memiliki potensi besar yang harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha produk organik. Konsumen produk organik di Jerman terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan perkirakan sekitar 5% – 10% beberapa tahun ke depan seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat.

Pada tahun 2021, penjualan produk organik global di Jerman tercatat sekitar EUR 15,8 miliar, terbesar di Eropa. Melalui promosi berkesinambungan diharapkan produk organik Indonesia dapat diterima lebih luas lagi di pasar Jerman dan Eropa.

Satu tanggapan untuk “KJRI Frankfurt Fasilitasi Perusahaan Indonesia pada Pameran Biofach 2023

  • 22 Februari 2023 pada 6 h 10 min
    Permalink

    Maju selalu Indonesia

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *