Delegasi Indonesia G20 di Catania Italia Positif Covid-19

Menanggapi kasus positif Covid-19 dari 2 delegasi Indonesia dari Jakarta, KBRI Roma memberikan keterangan sebagai berikut :Terdapat 2 (dua) delegasi Indonesia dari Jakarta yang menghadiri rangkaian pertemuan G20 di kota Catania, Propinsi Sicilia, Italia, pada 22-23 Juni 2021, yaitu pertemuan G20 Education Ministers Meeting, G20 Employment Ministers’ Meeting serta G20 Joint Meeting of Ministers Education and Ministers of Labour and Employment. Masing-masing delegasi Indonesia tiba di Catania secara terpisah dan setibanya di Catania telah menjalani rapid test (anti gen) Covid-19

Dari hasil rapid test tersebut, salah seorang dari delegasi Indonesia terindikasi positif Covid-19, sementara lainnya negatif. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, telah dilakukan tes molekuler (swab test) pada Senin (21 Juni 2021) kepada 1 orang delegasi Indonesia termaksud. Hasil swab test yang diterima pada Senin (21 Juni 2021 malam hari) mengkonfirmasi yang bersangkutan positif Covid-19. 

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, pada Selasa (22 Juni 2021), pihak ASP (Azienda Sanitaria Provincia/Dinas Kesehatan Propinsi) Catania telah melakukan tes molekuler (swab test) kepada 6 (enam) delegasi Indonesia (3 delegasi dari Jakarta dan 3 delegasi KBRI Roma) yang termasuk dalam “kontak dekat” (close contact).Hasil swab test untuk keenam orang tersebut adalah negatif Covid-19. 

Dokter Italia telah melakukan pemeriksaan  kesehatan terhadap delegasi Indonesia yang positif Covid-19 tersebut, dan menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi baik dan stabil. Ybs diminta tetap melakukan isolasi mandiri (isoman) di hotel tempat tinggal selama 10 hari, dan swab test kedua akan dilakukan pada hari ke-11 isoman. 

Terkait dengan hal ini, KBRI Roma telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, memberikan bantuan serta pendampingan, dan tetap memantau perkembangan yang ada. 

Sebagai catatan, Catania terletak sekitar 800 km dari Roma, berada di Pulau Sicilia (Regio Sicilia) yang terpisah laut dari pulau lainnya. Roma –  Catania dapat ditempuh dengan 1 jam 15 menit perjalanan udara, atau sekitar 11 jam perjalanan darat  melewati penyeberangan ferri dari pelabuhan Calabria ke pelabuhan Messina (di Pulau Sicilia).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *