Gamelan Jawa Tampil Memukau di New Zealand

Gamelan indonesia ramaikan New Zealand Festival 2020 yang berlangsung di Te Ruapahara Arena, Porirua, Wellington pada 22 Februari 2020.

Acara pembukaan dihadiri berbagai kalangan masyarakat Maori, termasuk para pengisi acara yg datang dari New York, Auckland dan Indonesia, Direktur Musium Porirua, Ketua Masyarakat IWI, Koordinator dan Pelaksana Fungsi Pensosbud Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wellington) menjadi lebih hidup dan meriah dengan penampilan gamelan Jawa yg juga mengiringi tembang gending Soran, Mantram, lagu dolanan Gambang Suling dan Perahu Layar.

New Zealand Festival berlangsung dari tanggal 22 Februari s/d 15 Maret 2020 di Wellington dengan menampilkan performers dari dalam dan luar negeri termasuk USA, South Afrika dan Indonesia.

Penampilan Gamelan Jawa pada acara pembukaan ini merupakan kolaborasi antara KBRI Wellington, New Zealand School of Music, Victoria University of Wellington dan Komunitas Masyarakat Indonesia di Wellington (Kamasi).New Zealand School of Music, Victoria University of Wellington tempat Gamelan Jawa (Padhang Moncar) dan Gamelan Bali (Taniwha Jaya) memiliki kurikulum gamelan dan merupakan salah satu binaan KBRI sangat aktif dalam mengembangkan gamelan melalui workshop kepada murid-murid sekolah dan berpartisipasi pada event budaya di Selandia Baru.Pada event New Zealand Festival 2020 Padhang Moncar juga akan memberikan workshop selama 4 hari berturut dari tanggal 25-29 Februari kepada 20-40 pelajar SMA di Porirua.

Disamping itu workshop gamelan juga akan mengiringi pelatihan gerak oleh Helmy dan Eri dari anggota Teater Ruang Solo yg sedang berada di Wellington untuk pentas di New Zealand Festival.

Ganelan Padhang Moncar juga akan berkolaborasi dengan The Calling pada 4 Maret dan Here comes in Ocean pada 6 Maret di Michael Fowler Centre, salah satu gedung pertunjukkan terbaik di Selandia Baru.

Sumber KBRI Wellington

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *