12 Ton Biji Kopi Premium Indonesia Tiba di Arab Saudi

Kedatangan 12 ton biji kopi Indonesia berjenis Arabica Jawa Blawan yang diimpor oleh perusahaan Black Stamp Coffee & Roastery di Riyadh, Arab Saudi, disaksikan langsung oleh Dubes RI DR. Abdul Aziz Ahmad.

Biji kopi tersebut adalah hasil dari PT Perkebunan Nusantara XII di Jawa Timur, pada Jum’at 21 Januari 2022. Mr. Ali Khaled Al-Duhaim, pemilik Black Stamp Coffee ​& Roastery menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mengimpor biji kopi premium dari Indonesia, mengingat adanya peningkatan animo konsumen kopi di Arab Saudi terhadap kopi asal Indonesia, namun demikian harga kopi Indonesia harus dapat diupayakan sekompetitif mungkin dan dengan kualitas yang tetap terjaga.

Saat ini pesaing kopi Indonesia di Arab Saudi antara lain berasal dari Ethiopia, Rwanda, Brazil, Kostarika dan Ghana. “KBRI akan terus lakukan promosi kopi di Arab Saudi, baik melalui keikutsertaan pada pameran dagang maupun rangkaian promosi mandiri yang telah dilakukan KBRI selama 2 tahun terakhir ini, “ ujar DR. Abdul Aziz Ahmad.

Dari data statistik trademap.org, ekspor kopi Indonesia ke Arab Saudi dari tahun 2016-2020 tercatat terus mengalami peningkatan. Dari semula hanya senilai US$102ribu di tahun 2016, menjadi US$1.635juta di tahun 2020 atau dalam kurun waktu 4 tahun rerata naik sekitar 203,5%. Potensi pasar kopi Indonesia di Arab Saudi masih dapat ditingkatkan, mengingat nilai impor kopi Arab Saudi di tahun 2020 senilai US$281,4juta

Satu tanggapan untuk “12 Ton Biji Kopi Premium Indonesia Tiba di Arab Saudi

  • 24 Januari 2022 pada 0 h 00 min
    Permalink

    Kopi Indonesia makin terkenal,kalau kopi luwak pada suka tidak Di LN ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *