BNPB dan Bulan Sabit Merah Distribusikan Bantuan ke Pengungsi Gempa Suriah

BNPB didampingi KBRI Suriah membantu Bulan Sabit Merah mendistribusikan bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke para pengungsi di Madrasah Ummayah, Suriah.

Dok. KBRI Suriah

Bantuan kemanusiaan yang dibawa oleh 2 pesawat Garuda Indonesia pada (22/02) tersebut disalurkan oleh Bulan Sabit Merah Suriah ke beberapa wilayah terdampak gempa.

Dok. KBRI Suriah

Sebelumnya Bulan Sabit juga mengajak tim kemanusiaan untuk melihat langsung gudang penampungan bantuan yang telah diterima.

Bulan Sabit memberikan kesempatan kepada tim kemanusiaan untuk memberikan bantuan langsung secara simbolis. Sekitar 400 orang mengungsi di Madrasah Umayah. Beberapa dari mereka memilih untuk menetap karena trauma gempa susulan terjadi. Namun, ada pula yang memilih pulang siang hari dan kembali pada malam hari.

Selain bertemu dengan Pimpinan Cabang Bulan Sabit Merah Suriah dan menyaksikan langsung proses penyaluran bantuan, BNPB dan juga KBRI Suriah berkesempatan meninjau RS di Aleppo dan Latakia.

Tim dapat melihat kondisi RS di wilayah tersebut pasca gempa, termasuk perawatan pasien terdampak. Beberapa RS mengalami kerusakan dan kekurangan fasilitas/alat medis, misalnya alat CT-Scan. Saat ini, para tenaga kesehatan bersama SARC mengupayakan program trauma healing bagi warga yang selamat akibat gempa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *