“Lulusan Karyasiswa LPDP dari San Francisco Bay Area Siap Bawa Perubahan Positif bagi Indonesia”

“Selamat atas keberhasilan para wisudawan, wisudawati mahasiswa Indonesia yang lulus dari berbagai universitas di San Francisco Bay Area, semoga menjadi generasi yang membangun masa depan Indonesia lebih baik ke depan!” Demikian diungkapkan Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi, di acara tasyakuran di Wisma Indonesia San Francisco di hadapan sejumlah mahasiswa lulusan LPDP beragam universitas, seperti UC Berkeley, UC Davis, dan Stanford, tanggal 13 Mei 2022. 

KJRI San Francisco kembali menginisiasi resepsi syukuran tersebut sebagai upaya mewakili kehadiran beberapa orang tua mereka yang tidak semuanya dapat berangkat menghadiri acara wisuda kelulusan ke Amerika Serikat. Di acara tersebut, KJRI San Francisco melakukan potong tumpeng sebagai simbol ungkap rasa syukur dan kebahagiaan atas kelulusan mereka. Tidak seperti tahun lalu yang seluruhnya wisudawan LPDP, pada tahun ini nampak pula kehadiran beberapa wisudawan Indonesia non-beasiswa pada acara syukuran, seperti berasal dari Universitas San Francisco, yang juga diundang untuk berbagi kebahagiaan di rantau.

Kegiatan syukuran diadakan setelah sehari sebelumnya KJRI San Francisco hadir pula pada salah satu acara wisuda di UC Berkeley di tempat bersejarah Greek Theater, UC Berkeley, yang dihadiri lebih dari 550 lulusan dari program profesi, sarjana hingga pasca sarjana Fakultas Hukum, dengan sedikitnya kehadiran 3000 orang tua dan keluarga serta sivitas akademika. Wisuda ini merupakan kedua kalinya dilakukan di tempat terbuka pasca pandemi Covid-19, dimana beberapa wisudawan yang hadir juga berasal dari mahasiswa yang sudah lulus kuliah pada tahun lalu.

Dari lulusan tersebut, 16 orang merupakan penerima beasiswa LPDP. “Sesuai komitmen KJRI San Francisco dalam upaya pembinaan mahasiswa, kami senantiasa mendukung seluruh mahasiswa termasuk karyasiswa LPDP agar menyelesaikan kuliahnya dengan baik sesuai komitmen tenggat waktu yang diberikan untuk kemudian mengabdi bagi nusa bangsa”, tegas Konjen Prasetyo. Konjen Prasetyo menambahkan bahwa para lulusan itu merupakan generasi intelektual bangsa yang diharapkan dapat memberikan kontribusinya bagi pembangunan Indonesia.

Lulusan karyasiswa LPDP merupakan bagian dari SDM Indonesia unggul sebagai motor penggerak kemajuan bangsa. Pemerintah Indonesia terus memberikan prioritas bagi peningkatan kualitas SDM sebagai aset bangsa masa depan. Melalui program LPDP, setidaknya telah berhasil meluluskan 198 ribu penerima beasiswa jenis ini, belum ditambah jenis beasiswa lainnya.

Salah satu karyasiswa LPDP yang lulus, Gridanya Mega Laidha, yang juga koordinator karyasiswa LPDP di California bagian Utara, mengungkapkan rasa syukur sekaligus kegembiaraannya karena berhasil menyelesaikan studi pasca sarjananya dengan baik.

“Terima kasih kami tak terhingga untuk Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengenyam pendidikan di Amerika Serikat. Alhamdulillah berkat kerja keras dan dukungan berbagai pihak terutama keluarga dan KJRI San Francisco, akhirnya kami dapat menyelesaikan semua tugas dan melalui proses kuliah dengan lancar dan lulus” katanya dihadapan para lulusan LPDP lainnya. Dalam resepsi tersebut, para lulusan karyasiswa LPDP menyatakan komitmennya untuk memberikan sumbangsih terbaiknya untuk Indonesia melalui bidangnya masing-masing.

Sementara itu perwakilan orang tua wisudawan juga menyampaikan apresiasi kepada Konjen dan seluruh jajaran KJRI San Francisco yang telah berperan sebagai pengganti orang tua selama mereka mengikuti proses belajar. Perhatian dan kedekatan KJRI San Francisco selama ini sangat bermanfaat dalam mendukung proses belajar mereka.

Konsul Penerangan Sosial Budaya, Mahmudin Nur Al-Gozaly, menerangkan bahwa hingga tahun ini ada sekitar 26 orang karyasiswa LPDP di wilayah kerja KJRI San Francisco yang mengambil berbagai jurusan pasca sarjana S2 dan S3. Diharapkan bagi para lulusan LPDP sekembalinya ke tanah air untuk bersinergi dalam berkarya, mendukung kemajuan SDM unggul, serta membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara.

Satu tanggapan untuk ““Lulusan Karyasiswa LPDP dari San Francisco Bay Area Siap Bawa Perubahan Positif bagi Indonesia”

  • 17 Mei 2023 pada 17 h 43 min
    Permalink

    Alhamdulillah semoga bisa menjadi generasi bermanfaat di tanah air.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *