Gelar Ekshibisi di Paris, Tekad Prabowo Bawa Pencak Silat Masuk Olimpiade

Menteri Pertahanan RI yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto menghadiri ekshibisi olahraga bela diri pencak silat di Paris, Prancis, Sabtu (27/7) sore.

Kehadiran Prabowo di Paris sekaligus membuktikan langkahnya untuk membawa pencak silat lebih mendunia. Sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) periode 2021-2025, Prabowo bertekad cabang olahraga itu nantinya dapat dipertandingkan di olimpiade.

Sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) periode 2021-2025, Prabowo bertekad untuk membawa pencak silat lebih mendunia.

Prabowo menyempatkan diri untuk menyapa dan menyalami satu per satu atlet yang berpartisipasi, termasuk memberikan pin kepada mereka sebagai tanda penghargaan.Atlet yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta dari luar negeri seperti Belanda.Dalam momen penuh kehangatan, Prabowo berinteraksi dengan para atlet. Dia bertanya kepada seorang atlet perempuan dari Jawa Barat, “Dari mana kamu?” yang dijawab dengan lantang oleh atlet tersebut, “Siap! Jawa Barat!”

Tidak hanya atlet nasional, Prabowo juga menyapa atlet internasional. “Where are you from?” tanya Prabowo kepada seorang atlet laki-laki.”Holland,” jawabnya, dan Prabowo melanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan ramah tentang kota asal mereka di Belanda.

Salah satu momen yang menarik perhatian adalah ketika Prabowo berbicara dengan seorang atlet asing yang mengalami cedera.

“What happened to your (left arm)?” tanya Prabowo kepada atlet yang lengan kirinya terkilir dan dipasang kain penyangga. Atlet tersebut menjelaskan bahwa cedera itu terjadi saat latihan, tetapi sudah mulai pulih.

Prabowo juga menunjukkan ketertarikan terhadap pengalaman para atlet asing dengan bertanya, “Have you ever been to Indonesia? All of you?” Ketika atlet-atlet tersebut menjawab belum pernah, Prabowo menegaskan, “You haven’t? Well, you must go.

We will arrange that you come to Indonesia,” dengan harapan mereka dapat mengunjungi Indonesia dan mengenal lebih dekat budaya dan pencak silat di tanah air. Kehadiran Prabowo di Paris juga bertepatan dengan seremoni pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Pada acara tersebut, Prabowo didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, serta Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

Selain mengajukan pencak silat sebagai cabor di Olimpiade, dari PT PLN (Persero) turut hadir dengan mempromosikan seni budaya Indonesia dalam acara exhibisi pencak silat yang merupakan rangkaian kegiatan pra Olimpiade Paris 2024 dengan mengirimkan seniman tarian tradisional Reog Ponorogo ke Paris, Prancis. Hal ini merupakan wujud dukungan perseroan terhadap kelestarian kesenian warisan budaya leluhur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *