Unggul dan Berkarakter, ITPB Indramayu mewisuda 251 lulusan

Hari ini, 26 September 2023 menjadi momentum penting bagi 251 lulusan Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), pasalnya pada hari ini mereka secara resmi di wisuda sebagai tanda sudah diakui telah lulus menjalani proses pendidikan tinggi selama 3 tahun lamanya, dan kini mereka mendapat gelar ahli madya sesuai program studinya.

Bertempat di Hotel Aston Cirebon, pada acara wisuda kali ini merupakan Wisuda Kedua yang diadakan Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), yang mengusung tema “Mencetak Generasi Unggul dan Berkarakter Menuju Indonesia Emas 2045” ini sejumlah 251 lulusan ITPB di wisuda Tahun Akademik 2023/2024 terdiri dari 3 Program Studi (Prodi) vokasi yakni Prodi Teknik Perminyakan sebanyak 72 orang, Prodi Fire and Safety sebanyak 141orang, dan Prodi Teknik Kimia sebanyak 38 orang.

Rektor ITPB, Dr Ir Hj Hanifah Handayani MT mengatakan Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) telah mempersiapkan lulusannya agar siap bersaing di era industy 4.0 dan society 5.0. Selain dengan tenaga pengajar yang berpengalaman sebagai praktisi, mahasiswa ITPB juga dibekali dengan Bahasa Inggris yang memadai selama dua semester pada program English Village, mereka diberikan kemampuan berbahasa Inggris.”Karena mau tidak mau siap tidak siap kemajuan teknologi terus berkembang pesat, untuk hadapi itu kita bekali para lulusan bukan hanya menjadi lulusan unggul tapi juga punya karakter yang baik, itu semua kita lakukan untuk mempersiapkan generasi Indonesia emas 2045,” kata Hanifah.

Sehingga dengan diberikan pembekalan baik kecakapan kompetensi di bidang program studi, Mahasiswa ITPB juga selama menempuh pendidikan tinggi dibekali dengan berbahasa Inggris, dapat bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya, mereka juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan kelas nasional dan internasional, untuk meningkatkan wawasan mahasiswa, ITPB telah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

“Kedepan lulusan akan dihadapkan dunia global, yang tidak saja bersaing dengan sesama orang Indonesia tetapi juga bangsa lainnya, karena sekarang itu tidak ada batas negara, meski kita di indonesia bisa saja orang asing yang melamar kesini,” ujarnya.

Menghadapi itu semua, IPTB secara gamblang memiliki program uji kompentesi dan dibekali dengan berbagai sertifikat keahlian untuk mempersiapkan para lulusan, supaya bisa hadapi persaingan industri secara global tersebut, menjadi lulusan yang unggul memiliki skill sesuai program studi lulusan yang berpegang teguh pada agama masing-masing. Sehingga tercipta lulusan yang bagus dari segi keilmuanya, mempunyai akhlak yang baik dan harus siap menghadapi tantangan zaman.

“Selamat bagi lulusan yang di wisuda hari ini, pantang menyerah apapun tantangannya, jangan lupakan orang tua hormati orang tua, teruslah berjuang kesuksesan itu bisa tercapai karena suatu perjuangan, dan jangan lupa jaga nama almamater,” pesan Hanifah.

Turut hadir dalam acara wisuda dari perwakilan dari Asosiasi Badan Penyelenggara PTS Indonesia, Darliana, Winardi Sani serta perwakilan dari Asosiasi PTS Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *