KJRI Marseille Jajaki Bisnis Kopi Dengan Perusahaan Ternama Grup Henry Blanc Di Prancis


Berita setempat
schedule 08 Februari 2019
Marseille, Perancis
52011225 1913512672105529 5053013003515985920 n

Perusahaan Henry Blanc merupakan perusahaan importir kopi terbesar di Marseille dan sudah dikenal oleh masyarakat Prancis.

Konjen RI Marseille telah bertemu dengan jajaran manajemen perusahaan pengolahan kopi  Henry Blanc, yang berbasis di Marseille, pada tanggal 7 Februari 2019.

Pertemuan ini difasilitasi oleh kantor Walikota Marseille yang diwakili  oleh Wakil Walikota bidang kerjasama ekonomi ekonomi, Mr. Didier Parakian.

Groupe Henry Blanc berdiri sejak tahun 1980, sebagai keluarga roaster. Sebelumnya, perusahaan Henry Blanc adalah perusahaan Bonne Maman, kemudian Cafes Negresko dan Oasis.

Perusahaan Henry Blanc merupakan perusahaan importir kopi terbesar di Marseille  dan sudah dikenal oleh masyarakat Prancis.



Henry Blanc mengimpor biji kopi (green bean) dari 50 negara, termasuk dari Indonesia (kopi Bali, Java Jampit dan kopi Papua), dengan bea masuk yang cukup rendah.

Kemudian biji kopi mentah tersebut diroasted di Marseille, untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. Sekitar 90% penduduk perancis mengkonsumsi kopi.

Kebutuhan perancis akan produk kopi menduduki peringkat ke-8 di dunia. Rata- rata 5,8 kg per kepala/tahun atau 300.000 ton / tahun, terutama kopi Arabica.

Groupe Henry Blanc juga memproduksi teh kemasan, coklat olahan, biskuit dan selai.

Perusahaan keluarga ini diturunkan ke anaknya, Jean-Luc Blanc,  generasi ke-4.

KJRI menjajaki kemungkinan kerjasama untuk memasarkan kopi Indonesia di Prancis. Selain itu, juga disinggung kerjasama untuk mendirikan coffee roasting di Marseille dan sekitarnya melalui skema investasi atau joint venture.


Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau

Dini Kusmana Massabuau, lahir di Jakarta 1973. Lulusan fakultas ekonomi Trisakti, dirinya menerjuni bidang jurnalistik dengan memulai karirnya di ANTV. Kemudia ia pindah ke Montpellier Prancis sejak tahun 2000. Menimba ilmu di Universitas Paul Valery, Montpellier 3, ia mengambil jurusan bahasa dan audio visual. Menjadi penulis untuk rubrik Surat Prancis di Kompas.com selama lima tahun dan juga jurnalis koresponden untuk Tribun News dan Kompas.com. Sejak tahun 2015 Ia menjadi kontributor untuk NET TV. Menulis adalah hal yang tak pernah bisa dipisahkan. Dua novel karyanya telah diterbitkan oleh Gramedia, yaitu 8 Comedie Bandrek dan 7 Malam di Maroko.



All Location Categories Author

Rekomendasi

Inilah fungsi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

02 November 2017 - Montpellier, Perancis

Dini Kusmana Massabuau

Keren! Indonesia sukses besar di Village Internasional Gastronomie di Paris!

26 September 2017 - Paris, Perancis

Wonderful Indonesia

Pameran Karya Dua Seniwati Indonesia di Paris Memukau Pengunjung!

15 Februari 2018 - Paris, Perancis

Dini Kusmana Massabuau


Komentar

Silahkan Koneksi atau Mendaftar sebelum mengirimkan komentar.