Pengalaman Idul Fitri di Abu Dhabi, UEA

Catatan Anindita Tantri

Allahu akbar,
Allahu akbar,
La ilaha illallah,
Wallahu akbar,
Allahu akbar,
wa lillahil hamd.

Gema takbir berkumandang di seantero masjid Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah UEA. Tua, muda, dan anak-anak ikut berkumpul bersama mengumandangkan takbir sekaligus bersiap sholat dengan merapikan shaf.

Masjid Indonesia dibangun oleh pemerintah UEA

Ini adalah lebaran ke-13 kami di luar Indonesia, masya Allah. Sebelumnya kami berlebaran di beberapa negara berbeda diantaranya Jerman, Kanada, Irlandia, Amerika Serikat, Swiss, dan terakhir UEA.

Setiap negara memberikan cerita dan pengalaman berbeda. Berkenalan dengan banyak teman dari berbagai komunitas Indonesia di luar negeri sekaligus merasakan suasana berlebaran di banyak negara.

Kali ini, lebaran di Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirates Arab (UEA). Warga Indonesia yang berada di kota ini sangat banyak dari yang bekerja, kuliah, hingga sekolah.

Seperti biasa setelah acara sholat id, kami semua berkumpul bersama di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) untuk menikmati hidangan lebaran di sana. Tidak hanya makan lontong opor tapi juga bersilaturahmi dengan warga Indonesia lainnya.

Setelah acara halalbihalal di KBRI, kami melanjutkan perjalanan kembali ke hotel tempat kami menginap. Dikarenakan keluarga besar berada di Indonesia maka kami menghidupkan acara Idulfitri dengan sungkeman keluarga dan komunikasi lewat telepon ke sanak saudara di Indonesia. Tak lupa foto bersama.

Foto keluarga
Tiga buah hati kami

Idulfitri adalah hari kemenangan, hari yang suci setelah 30 hari kita berpuasa menahan lapar, haus, dan nafsu lainnya. Kita semua berharap Idulfitri ini menjadi hari pertama mengawal hidup kita ke depan dengan lebih baik setelah pendidikan yang diberikan Allah Swt. selama bulan Ramadan. Dengannya kita akan menjadi hamba-Nya yang bertaqwa. Tidak hanya dalam tataran teoritis tetapi juga praktis.

Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum

Semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian puasa kami dan puasa kalian. Aamiin ya Rabb, In shaa Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *