Rumah Makan Paella Paling Enak di Costa Brava!

Paella itu jenis makanan dari Valenciana, Spanyol. Merupakan nasi yang diberi safran dan dicampur dengan berbagai jenis daging atau seafood dan ikan, juga sayuran sesuai dengan selera kita.

Nama paella, berdasarkan dari kata patella atau pan bahasa inggrisnya, kalau saya bilang sih mirip untuk membuat martabak manis tapi ukurannya besar sekali!

Paella ini biasanya, bisa dipilih sesuai selera. Hanya satu hal yang perlu diperhatikan. Karena saya muslim, jadi saya harus hati-hati sekali, karena banyak saat ini paella yang dicampur dengan daging ham, berupa sosis atau daging kecil-kecil-kecil. Ini harus kita tanyakan sebelum memesan.

Karena Paella di rumah makan ini dibuat secara dadakan sesuai dengan pesanan klien, maka itu enaknya, saya dan keluarga bisa makan secara aman. Bisa meminta kepada pelayannya, bahwa ada jenis daging yang tidak bisa kita konsumsi.

Tapi bagi saya paella itu enaknya adalah yang berisi seafood! Apalagi di daerah Tossa de Mar ini, daerah nelayan, segar-segar sekali ikan-ikannya.

Nah, di restoran ini, sebenarnya tanpa sengaja kita menemukannya. Saat sedang jalan-jalan dari penginapan menuju kota tuanya. Saat itu memang sudah waktunya makan siang. Tapi  biasanya kan orang spanyol makan itu selalu telat! Dan ini sudah sangat terkenal. Sarapan jam 10, makan siang baru mulai paling cepat jam 2 dan makan malam jam 10!

Jadi jangan heran kalau ada restoran yang sudah menyajikan atau buka awal karena biasanya yang datang para turis. Jadi ketika saya lewat depan restoran La Rosa de Tossa, sudah banyak yang antri, jadilah saya penasaran. Padahal baru juga buka sepertinya ini restoran.

Lihat harganya, lumayan lah cocok dengan isi kantung. Yang tadinya mau jalan-jalan dulu, dari pada nanti susah cari makan, dan anak kami yang sedang tumbuh, langsung ribut cium aroma masakan, ya sudahlah jadilah kami ikutan antri. Untung karena baru buka kami langsung dapat untuk bertiga. Karena 30 menit kemudian, banyak yang harus kembali karena sudah penuh.

Restoran La Rosa de Tossa ini, dari luar sepertinya kecil sekali. Ketika masuk lumayan bisa menampung cukup banyak. Dan yang saya suka, sepertinya ini restoran keluarga, karena saya lihat ibu-ibu yang ikut sibuk, melayani dan keluar masuk dapur.

Saya memesan satu paella untuk kami berdua, yaitu dengan isi seafood. Dan anak kami memesan satu paella untuk dirinya sendiri, dengan daging ayam.

Membuat paella itu susah juga loh kalau tidak lihai atau kurang sesuatu saja langsung kelezatannya bisa berkurang. Dan ketika masakan datang! Heeemmmm, enaknya!! Paella di sini sangat gurih! Terasa sekali kesegaran dari ikan lautnya. Nasinyapun juga enak, lembut tidak keras, kebanyakan paella untuk turis!

Sebagai penutup kami memesan creme catalane, dari susu yang ditaburi gula dan dibakar hingga membuat caramel. Semuanya enak, sangat enak!

Malamnya kami mencoba restoran lainnya, yang direkomendasikan oleh buku wisata kami. Kesimpulannya? kami langsung esok harinya kembali ke La Roca de Tossa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *