Kalau Ke Sète Wajib Makan Tielle!

Salah satu spesialisasi dari kota Sète ini adalah tielle! Kue pastry bundar dengan pinggiran bergalur berisi saus tomat dan gurita, agak sedikit pedas. Makanan asin khas kota ini sangatlah terkenal. Bila datang ke sini tanpa mencicipinya rasanya kurang afdol!

Kuliner ini pada awalnya dimula oleh para migran Gaeta, Italia Utara Naples pada abad ke 19. Orang-orang italia ini, pada masa itu membutuhkan makanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Pekerjaan mereka sebagai pendatang yaitu petani dan nelayan  di kota Sète membuat mereka mencari ide untuk mengolah makanan yang bisa bertahan lama. Mereka para italia ini terbiasa dengan pizza, hanya jenis makanan ini tidak bisa disimpan dalam untuk beberapa hari. Namun ide makanan ini adalah dari pizza, hanya olahan dengan saus tomat yang dianggap bisa membuat makanan lebih tahan lama dan kemudian ditutupi bagian atas dengan pastry, membuat makanan ini lebih praktis untuk dibawa perjalanan dan isinyapun lebih tahan lama.

Dulu tielle merupakan makanan pokok bagi para petani dan nelayan di Sète, kini lebih dikenal sebagaimakanan pembuka dengan salada. Di kota ini ada berbagai macam toko yang menjual tielle. Semua sesuai dengan selera, namun bagi saya salah satu yang paling lezat karena isi dan pastrynya yang berbeda dengan tielle di toko lainnya, yaitu tielle Sophie Cianni!

Nah, bila datang ke kota nelayan ini, jangan lupa mencicipinya dan membawa pulang sebagai oleh-oleh kuliner!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *