Kalau ke Lisbon Wajib Cicipi Pastéis de Nata Yang Satu Ini

Pastéis de nata, mendengar namanya sudah pasti langsung terhubung dengan negara Portugal. Kue yang satu ini memang enak banget. Di cicipi sekali yang ada langsung nagih!

Kue dari pastri dengan campuran susu dan saat dimakan enaknya ditaburi dengan bubuk kayu manis, merupakan kue yang rasanya menjadi icon di negara ini, khususnya mereka yang datang ke Lisbon, sudah pasti akan mencicipi berkali-kali dan membawa pulang sebagai oleh-oleh.

Di Lisbon misalnya, berjejer toko kue pastéis de nata. Sampai bingung kadang memilih yang mana. Dan rasanya mirip-mirip. Semua menyatakan, ini adalah spesialisnya, kualitas prima dan rasa asli ada di toko ini. Namun, sebenarnya kue ini memiliki sejarah tersendiri. Dan bila ingin merasakan kue asli pastéis de nata, adalah di Belém!

Di sinilah pertama kalinya kue dari pastri ini dibuat. Nama tokonya adalah Pastéis de Belém, karena memang dari sinilah kue ini pertama ada, maka tak heran bila melewati toko ini harus siap-siap mengantri panjang.

Bagaimana ceritanya kue ini bisa ada dan menjadi bagaikan kue sejarahnya Portugal?

Pada awal abad kesembilan belas, di Belém, dekat “Jeronimos” biara Jeronimos, ada sebuah pabrik gula tebu, yang menjual semua produk gula-gula dan menjadi distributor dengan pertokoan kecil. Setelah revolusi liberal tahun 1820, semua biara di negara itu ditutup pada 1834, para biara dan pendeta serta para pekerjanya diusir.

Untuk bisa  bertahan hidup, salah satu mantan penghuni biara memutuskan, pada tahun 1837, untuk menjual kue dengan resep yang ia miliki saat masih berada di biara. Maka mulailah ia menjual kue dari pastri tersebut. Karena saat itu belum mendapatkan nama dan ternyata kue itu langsung digemari dan banyak peminatnya. Dan dengan cepat nama kue pastri itu langsung dikenal dengan sebutan “Pasteis de Belém” (Belem tart).

Pada saat itu, Belém masih terbilang berjarak jauh dari Lisbon dan salah satu cari menempuh ke Belém adalah dengan kapal uap. Berbeda sekali dengan sekarang cukup dengan tram hanya sekitar 15 hingga 20 menit. Namun karena Belem merupajan tempat yang indah dengan biara dan menaranya yang menjadi wisata jaman itu maka, secara tidak langsung orang-orang yang datang ke sana, mampir ke toko kecil yang menjual kue pastéis de nata, karena mendengar reputasinya. 

Hingga kini toko kue Pastéis de Belém masih berdiri. Resep kue ini sangat dirahasiakan. Seorang chef yang meneruskan perusahaan ini, sangat memegang kerahasiaan dari kue tersebut. Bila pernah mencoba kue pastéis de nata di Lisbon di beberapa tempat pastilah kita akan bisa merasakan bedanya saat mencicipi kue pastéis de nata dari Belém….

Nah selamat mencoba. Jangan lupa kalau belum mencicipi pastéis yang satu ini rasanya belum afdol loh wisata kuliner di Lisbon!

PASTÉIS DE BELÉM • Rua de Belém nº 84 a 92, 1300 – 085 Lisboa Portugal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *