KJRI Marseille Jajaki Bisnis Kopi Dengan Perusahaan Ternama Grup Henry Blanc Di Prancis

Konjen RI Marseille telah bertemu dengan jajaran manajemen perusahaan pengolahan kopi  Henry Blanc, yang berbasis di Marseille, pada tanggal 7 Februari 2019.

Pertemuan ini difasilitasi oleh kantor Walikota Marseille yang diwakili  oleh Wakil Walikota bidang kerjasama ekonomi ekonomi, Mr. Didier Parakian.

Groupe Henry Blanc berdiri sejak tahun 1980, sebagai keluarga roaster. Sebelumnya, perusahaan Henry Blanc adalah perusahaan Bonne Maman, kemudian Cafes Negresko dan Oasis.

Perusahaan Henry Blanc merupakan perusahaan importir kopi terbesar di Marseille  dan sudah dikenal oleh masyarakat Prancis.

Henry Blanc mengimpor biji kopi (green bean) dari 50 negara, termasuk dari Indonesia (kopi Bali, Java Jampit dan kopi Papua), dengan bea masuk yang cukup rendah.

Kemudian biji kopi mentah tersebut diroasted di Marseille, untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. Sekitar 90% penduduk perancis mengkonsumsi kopi.

Kebutuhan perancis akan produk kopi menduduki peringkat ke-8 di dunia. Rata- rata 5,8 kg per kepala/tahun atau 300.000 ton / tahun, terutama kopi Arabica.

Groupe Henry Blanc juga memproduksi teh kemasan, coklat olahan, biskuit dan selai.

Perusahaan keluarga ini diturunkan ke anaknya, Jean-Luc Blanc,  generasi ke-4.

KJRI menjajaki kemungkinan kerjasama untuk memasarkan kopi Indonesia di Prancis. Selain itu, juga disinggung kerjasama untuk mendirikan coffee roasting di Marseille dan sekitarnya melalui skema investasi atau joint venture.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *