Menyegarkan Ruhani Bersama Pengajian Prancis

Rabu pagi adalah jadwal saya pengajian. Pengajian? Ya, benar! Bersama muslimah dari berbagai penjuru Prancis? Kok bisa? Tentu saja! Melalui voice conference Skype!

Pertemuan mingguan ini diprakarsai oleh teh Dini, muslimah Indonesia yang tinggal di Montpellier, yang juga pemilik dan pengelola platform Surat Dunia ini. Beliau yang beride, mengumpulkan peserta, membuat grup di Skype dan Whatsapp, juga menghadirkan ustadz Aep Saepudin, S.Pd, Al-Hafizh, pimpinan Pesantren MD Fathahillah Ciamis, sebagai nara sumber.

Pengajian dimulai dengan tadarus. Masing-masing peserta yang jumlahnya belasan, bergiliran membaca Al Qur’an dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia. Ada yang membaca lempeng tanpa nada seperti saya, ada yang membaca qira’ah indah, ada yang membaca lancar murottal. Ada yang masih terbata, yang masih tertukar makhrajnya, atau yang belum benar tajwid-nya. Semua semangat mengais pahala-Nya.

Acara dilanjutkan dengan pencerahan dari ustadz mengenai ayat-ayat yang dibaca hari itu dan sesi tanya-jawab. Pengajian dimulai pukul 9.15 dan diakhiri pukul 11.30 waktu Prancis, yang bertepatan dengan ba’da Asar dan menjelang Maghrib di Indonesia bagian barat.

Tidak mudah, menemukan majelis untuk menguatkan iman Islam di Prancis. Pertemuan di masjid yang saya ketahui adalah untuk belajar membaca Al-Qur’an atau bahasa Arab. Demi mendapatkan siraman rohani, saya sempat mengikuti grup muslimah Indonesia yang berada di Jepang dan Jerman. Namun tentu konteks situasi dan kondisi kehidupan tiap negara cukup berbeda. Belum lagi soal pewaktuan, yang kadang tidak sesuai dengan jadwal tipik ibu-ibu Prancis. Menemukan forum ini setelah hampir 20 tahun kekeringan di perantauan, rasanya menyegarkan sekali.

Bagi muslimah Indonesia yang tinggal di Prancis dan berminat bergabung, silakan hubungi saya atau langsung ke teh Dini. Mohon maaf, harap maklum kalau mungkin ada keterbatasan daya tampung Skype ????

(20191121)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *