Pementasan Lakon Dewa Ruci oleh Dalang Swedia Urban Wahlstedt


Bertempat di Teater Slava & Tonsalen, Huddinge, Stockholm, pada hari Jumat tanggal 22 November 2019, berlangsung pementasan wayang kulit dengan kisah tokoh-tokoh Mahabarata, yaitu lakon Dewa Ruci. Mengisahkan tentang seorang Dewa kerdil yang dijumpai oleh Bima dalam sebuah perjalanan mencari air kehidupan.

Urban Wahlstedt sebagai dalang bersama grup gamelan Sukarencana ini cukup lincah mengiringi pertunjukan wayang. Grup Gamelan Sukarencana memiliki anggota sebanyak 11 orang, dengan 6 orang diantaranya adalah WN Swedia dan 5 orang WNI. Grup ini memainkan koleksi instrumen perkusi Jawa yang dimiliki secara pribadi oleh Urban.

Pada kesempatan tersebut, KUAI KBRI Stockholm, Tanti Widyastuti yang mewakili Dubes RI untuk Swedia, menyatakan kebanggaannya atas penampilan ini. “Saya sungguh mengapresiasi dedikasi Pak Urban dan grup gamelannya yang memastikan kelestarian budaya Indonesia, khususnya kesenian wayang dan gamelan Jawa di Swedia.” ujar Tanti.

Sama seperti dalam pementasan wayang umumnya di Indonesia, beberapa lakon dan percakapan lucu dan berwibawa maupun mimik jahat dapat ditampilkan dengan cukup baik oleh sang dalang dari awal sampai akhir pementasan dan memperoleh apresiasi dan sambutan yang meriah dari pengunjung yang hadir.

Pementasan yang berlangsung selama dua jam ini dihadiri oleh sekitar 70 WN Swedia yang memiliki minat terhadap musik etnis, hadir diantaranya juga adalah perwakilan dari KBRI Stockholm. Pementasan rutin setiap tahun ini cukup menarik perhatian orang Swedia untuk menyaksikan petunjukan wayang.

Grup gamelan dan wayang kulit yang dibentuk oleh Mr. Urban Wahlstedt ini sudah berjalan kurang lebih 15 tahun yang juga sempat berkontribusi di beberapa kegiatan KBRI. Dalam sejumlah kesempatan, grup ini juga tampil dalam kegiatan festival kebudayaan di Swedia.

Sumber: KBRI Stockholm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *