Indonesia Raih Transaksi Lebih dari Rp 150 Milyar pada Pameran Food Africa 2019

Nilai tersebut diperkirakan akan bertambah mengingat beberapa negosiasi masih berlangsung walaupun pameran sudah berakhir.

Kairo, Mesir – Pameran Food Africa 2019 yang baru berakhir tanggal 11 Desember 2019 di Cairo, Mesir, menghasilkan potensi nilai transaksi yang cukup signifikan bagi para pengusaha Indonesia peserta Pameran tersebut. Tercatat sekitar 11,4 juta Dolar US atau sekitar 159 Milyar Rupiah jumlah transaksi yang berpotensi dicapai 12 perusahaan asal Indonesia pada Pameran Food Africa 2019.

Nilai tersebut diperkirakan akan bertambah mengingat beberapa negosiasi masih berlangsung walaupun pameran sudah berakhir. Produk-produk yang menarik minat para buyer dari pengunjung Pameran khususnya para pengusaha Mesir yaitu antara lain minyak sawit dan turunannya, kopi, rempah, serbuk minuman, bumbu instan, dan makanan ringan.

Selain nilai transaksi yang cukup besar, salah satu peserta Pameran, PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) berhasil menandatangani kerja sama dengan El Hamd Trading untuk pembukaan Kantor  Perwakilan (Representative Office) PPI di Mesir dln rangka mendorong peningkatan diversifikasi berbagai produk ekspor Indonesia di Mesir dan kawasan Afrika.

“Mesir merupakan negara yang strategis sebagai hub untuk masuk pasar Afrika,” komentar Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy, tentang hasil Pameran tersebut.  “Nilai ekspor Indonesia ke Afrika baru mencapai USD 4,2 miliar dan masih terbilang kecil dibandingkan potensi yang ada,” ujarnya. “Selain itu, Mesir sendiri sebagai negara penyelenggara Pameran juga memiliki potensi yang besar untuk produk-produk Indonesia.” “Partisipasi Indonesia pada Pameran Food Africa ini merupakan upaya untuk meningkatkan penetrasi produk makanan Indonesia baik di Mesir maupun negara-negara Afrika lainnya” jelas Dubes RI.

Selain partisipasi pada Pameran, KBRI Cairo juga melaksanakan kegiatan Business Forum antara Pengusaha Indonesia dan Mesir untuk memanfaatkan kehadiran para pengusaha tersebut. Business Forum diadakan di kota Cairo dan Alexandria  pada tanggal 10 dan 12 Desember 2019 agar para pengusaha Indonesia dapat bertemu dan melakukan transaksi langsung dengan para pelaku bisnis Mesir.

Food Africa 2019 yang berlangsung tanggal 9-11 Desember 2019 merupakan pameran tahunan di bidang industri makanan dan minuman di Mesir yang menyasar pasar Afrika, Timur Tengah, Eropa dan negara lainnya. Berdasarkan data pembeli pada tahun 2018, 41% pembeli berasal dari negara-negara Timur Tengah, 34% dari negara-negara Afrika, 15% dari negara Eropa dan 10% dari negara lainnya. Beberapa negara selain Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran dimaksud antara lain: China, India, Rusia, Turki, Brazilia, Belanda, Kanada, Spanyol, KSA, PEA dan Jordan.​


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *