Berawal dari Kursus Bahasa jadi Demo Masak Indonesia

Tidak menyangka jika mie goreng yang saya sajikan untuk akhir tahun membuat saya diminta untuk demo masakan Indonesia bahkan sempat masuk koran lokal!

Senang sekali rasanya bisa masuk koran lokal berkat aktivitas masak indonesia.

Para peserta menikmati nasi goreng dan sate ayam bumbu kacang

Awalnya saya bergabung dengan sebuah yayasan di kota saya Millau, Perancis. Assosiasi Myriade namanya yang bertujuan untuk mengembangkan pemulihan hubungan antara komunitas multikultural Perancis dan orang asing dan berjuang melawan diskriminasi.

Saya bergabung pada awalnya untuk memperdalam bahasa prancis saya, tapi karena yayasan ini banyak memberikan manfaat jadilah saya berusaha aktif di yayasan ini.

Suatu kali dalam sebuah acara kami diminta untuk membawa makanan dari daerah atau negara masing-masing. Rupanya banyak yang tertarik dengan masakan saya, jadilah saya diminta untuk membuat demo masak bagi para anggota di yayasan ini. Karena memang ada program kursus masak di asosiasi ini.

Tentu saja saya merasa senang sekali karena ini merupakan kesempatan bagi saya untuk memperkenalkan kuliner Indonesia kepada orang perancis.

Tapi jujur saja kalau soal masak sebenarnya saya bisa memasak itu sejak hidup di Perancis, karena menikah dengan orang perancis. Dulunya saya malah nggk bisa masak tapi karena terpaksa yang jadi hobby deh.

Untuk acara kursus masak, saya memilih dua resep yaitu sate ayam dengan saus kacangnya dan nasi goreng. Kenapa saya memilih dua masakan ini? karena ini merupakan makanan kesukaan suami dan anak saya, jadi berharap bisa cocok juga untuk anggota yang akan ikut kursus masak nantinya.

Nah pas hari kursus memasak inilah yang saya tidak sangka. Apalagi untuk bumbu kacang, mereka semuanya suka! Pada saat saya sedang mendemokan kepada mereka, tak berhenti mereka mencicipi hingga yang ada bumbu kacangnya tinggal setengah! Sampai saya harus bilang ke mereka agar berhenti karena yang ada bakalan tidak ada lagi untuk dimakan dengan sate!

Semua yang hadir ikut berpartisipasi Saya senang sekali karena selain memasak mereka juga berbicara tentang pengetahuan mereka seputar Indonesia yang bagi terkenal sebagai kota turistik.

Di akhir acara saya mengajak yang hadir untuk berjoget dangdut yang langsung disambut hangat!

Editor: Dini Kusmana Massabuau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *