Kopi Indonesia Disukai Konsumen Austria

Kopi asal Indonesia dianggap memiliki cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Kekhasan cita rasa kopi Indonesia menarik minat konsumen kopi dari Austria. Antusiasme mereka terhadap kopi Indonesia terlihat jelas pada saat diselenggarakan pameran kopi bertajuk Vienna Coffee Festival (VCF) atau Festival Kopi Wina pada tanggal 10-12 Januari 2020.

Festival tersebut merupakan pameran kopi terbesar di Austria yang dilaksanakan reguler setiap tahun dan menarik lebih dari 12.000 pengunjung dari Austria dan sekitarnya seperti Ceko, Slowakia, Hungaria, dan Slovenia. Tahun ini adalah kali keempat Indonesia melalui KBRI Wina berpartisipasi pada event tersebut.

“Promosi kopi ini merupakan salah satu upaya KBRI Wina untuk mempromosikan produk-produk andalan Indonesia ke luar negeri dalam rangka mendorong peningkatan ekspor,” kata Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Wina, Witjaksono Adji, Sabtu (11/1/2020).

Dirinya menambahkan, kopi merupakan produk yang nilai ekspornya ke Austria potensial untuk ditingkatkan mengingat konsumsi kopi per kapita di negara ini merupakan salah satu yang tertinggi. Menurut World Atlas, Austria berada di peringkat 12 dari seluruh negara di dunia dengan jumlah konsumsi 6,1 kg per kapita per tahun.

Sebanyak 92 persen orang dewasa di Austria merupakan peminum kopi. Di kota Wina sendiri, tradisi minum kopi di kedai kopi yang disebut Viennese coffee house telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak-benda.

“Saya yakin dengan promosi yang tepat dan gencar, potensi peningkatan ekspor kopi Indonesia ke Austria akan semakin tinggi lagi,” ujar Witjaksono.

Dalam pameran tersebut, Indonesia menyajikan beragam jenis kopi seperti Bali Kintamani, Semendo, Gayo, Sunda Aromanis, dan lain-lain. Pameran kali ini juga diikuti oleh perusahaan kopi asal Indonesia, yaitu Dua Coffee, CV Bina Usaha Mandiri, dan CV Tri Restu Abadi.

Menurut Reinhard Grebien, barista pemenang berbagai kompetisi di Eropa, kopi asal Indonesia memiliki cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh negara lain. Berdasarkan pengalamannya selama bertahun-tahun ikut pameran kopi di Wina, konsumen di Austria dan sekitarnya sangat menyukai kopi Indonesia.

“Mereka terkagum-kagum dengan cita rasa kopi Indonesia yang khas dan tidak dimiliki oleh negara lain. Kopi-kopi dari Amerika Latin memang enak, tapi tidak memiliki cita rasa yang dapat menjadi ciri khasnya. Dalam hal ini Indonesia unggul. Saya yakin kopi Indonesia disukai di manapun,” kata Reinhard.

Festival Kopi Wina diikuti oleh sekitar 70 ekshibitor dari berbagai negara seperti Italia, Inggris, Belanda, Jerman, Norwegia, dan Indonesia. Sejumlah perusahaan kopi terkemuka dunia seperti Julius Meinl, Lavazza, J. Hornig, La Marzocco, Alt Wien Kaffee, Dallmayr Kaffee, Nespresso, dan Bailyes juga turut mengikuti perhelatan tahunan ini.

Sumber: KBRI Wina

Satu tanggapan untuk “Kopi Indonesia Disukai Konsumen Austria

  • 24 Januari 2020 pada 10 h 20 min
    Permalink

    Kita semua suka kopi Indonesia !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *