Sebelum Idul Fitri, KJRI Marseille Kembali Fasilitasi Pemulangan 26 WNI ABK

KJRI Marseille kali ini memfasilitasi pemulangan anak buah kapal (ABK) kembali ke Tanah Air yang bekerja untuk grup kapal pesiar Compagnie du Ponant yang berkantor pusat di Marseille, Prancis. Mereka dipulangkan dengan menggunakan jasa pesawat komersial pada hari Kamis (21/5) dengan rute Marseille – Paris – Amsterdam – Jakarta.

Para ABK yahg dipulangkan merupakan sebagian dari 46 WNI yang bekerja di atas kapal pesiar L’Austral, Le Boreal, dan Le Lyrial yang saat ini bersandar di pelabuhan Marseille. Grup Compagnie du Ponant tetap mempekerjakan 20 WNI lainnya guna keperluan operasional dan pemeliharaan kapal dengan memperhatikan batas ambang minimum manning yang diperlukan.

26 orang ABK grup kapal pesiar Ponant bersiap diberangkatkan menuju tanah air dari Bandara Marseille Provence, Prancis

KJRI Marseille telah memastikan bahwa setiap 26 ABK WNI tersebut telah membawa dan dibekali sertifikat kesehatan, sertifikat tes COVID-19, dan salinan surat garansi dari pihak Prinsipal perusahaan. Para awak kapal tersebut juga diberikan surat jalan/pengantar dari KJRI Marseille serta diberikan pembekalan protokol kesehatan selama dalam perjalanan.

Acting Konjen RI Marseille, Bapak Erie Noer Bawono, dalam briefing sebelum keberangkatan memesan agar seluruh ABK tersebut menjaga kesehatan selama dalam perjalanan dan transit, terus membawa sertifikat kesehatan, dan mendoakan para awak kapal tersebut sehat tiba di tanah air.

Pelindungan terhadap 26 ABK WNI grup Ponant juga diberikan sepanjang perjalanan dan transit. KJRI Marseille telah berkoordinasi dengan KBRI Paris dan KBRI Den Haag untuk mendampingi dan memfasilitasi para awak kapal tersebut selama mereka trasit di Paris selama 4 jam dan di Amsterdam selama 22 jam.

Sumber : KJRI Marseille

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *