KJRI Marseille Fasilitasi Kepulangan 20 ABK Kapal Pesiar Prancis ke Indonesia

KJRI Marseille memastikan rute kepulangan dan seluruh dokumentasi kesehatan seluruh awak kapal tersebut, yang sekaligus mengakhiri penantian mereka semenjak kedua kapal berhenti berlayar bulan Maret lalu.

MARSEILLE (19/6) – Sebanyak 20 orang WNI Anak Buah Kapal (ABK) dari dua kapal pesiar milik grup perusahaan Compagnie du Ponant Prancis, berhasil dipulangkan kembali ke Indonesia dan akan tiba di tanah air pada tanggal 20 dan 21 Juni 2020.

Kapal pesiar Le Soleal
Kapal Pesiar Le Soleal

Kapal Le Soleal tempat 19 ABK WNI bekerja, berlabuh di kepulauan Polinesia Prancis di Samudera Pasifik bagian selatan sejak 24 Maret 2020 dan sempat menemui kendala dalam proses repatriasi. Beberapa bandara terdekat tidak dapat memberikan pelayanan karena merebaknya kasus COVID-19, termasuk via Manila dan Shanghai.

KJRI Marseille kemudian berkoordinasi dengan pihak perusahaan Compagnie du Ponant yang berkantor pusat di Marseille untuk memperoleh rute repatriasi yang dapat ditempuh. Para ABK tersebut akhirnya berhasil dipulangkan ke Indonesia pada tanggal 17 Juni 2020 via Tahiti, Vancouver Kanada, Paris, Doha, dan tiba di Jakarta tanggal 20 Juni 2020. Di Paris, 19 awak kapal tersebut difasilitasi oleh KBRI Paris guna memastikan kondisi dan kelancaran proses transit.

Sementara itu, satu awak kapal lainnya merupakan ABK kapal Le Boreal yang juga telah berlabuh di Marseille sejak bulan Maret 2020. Sebelumnya KJRI Marseille telah memfasilitasi gelombang pertama kepulangan 26 orang WNI ABK Le Boreal pada tanggal 21 Mei 2020. Situasi terkini, masih terdapat 19 ABK WNI yang masih bekerja di atas kapal Le Boreal untuk memenuhi ambang minimum manning kapal.

Sebagaimana prosedur fasilitasi repatriasi ABK sebelumnya, KJRI Marseille juga memastikan bahwa proses kepulangan 20 ABK ini memenuhi seluruh protokol kesehatan dan dokumentasi yang dipersyaratkan, termasuk diantaranya proses tes PCR COVID-19 sebanyak dua kali, penerimaan sertifikat kesehatan, sertifikat hasil tes, serta surat keterangan kepulangan dari KJRI Marseille.

Foto: Fabien Montreuil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *