Patriarch Ortodoks Rusia Tahbiskan Uskup untuk Jakarta, Indonesia

Gereja Kristen Ortodoks Rusia menunjuk Uskup Pitirim (Dondenko) sebagai Uskup Kristen Ortodoks untuk Jakarta, Indonesia. Pentahbisan dipimpin langsung oleh pemimpin Gereja Ortodoks Rusia, yaitu Patriarch Kirill yang merupakan Patriarch Moskow dan Seluruh Rusia. Pentahbisan bertempat di The Tomb Chapel of Levchenko, Donskoy Monastery, Moskow pada Selasa (1/9/2020).

Upacara pentahbisan yang berlangsung selama 1,5 jam ini dilakukan dalam bahasa Slavia. Acara dihadiri para pemuka agama Ortodoks, antara lain para Uskup Ortodoks yang membawahi wilayah Asia, seperti Singapura, Jepang dan Filipina, serta ratusan umat Ortodoks Rusia. Hadir juga para tamu undangan lainnya, termasuk Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow/Wakil Duta Besar, Azis Nurwahyudi.

Setelah acara pentahbisan, secara khusus Azis diundang bertemu dengan Patriarch Kirill. Dalam kesempatan tersebut, Azis menyampaikan salam dari pemerintah dan masyarakat Indonesia. Azis juga menyampaikan perkembangan hubungan Indonesia dengan Rusia dan penyelenggaraan dialog lintas agama oleh Indonesia dengan berbagai negara, termasuk Rusia.

Menurut Azis, dialog lintas agama Indonesia-Rusia terakhir kali diselenggarakan tahun 2018 di Moskow. Para tokoh agama dari Indonesia bertemu dengan tokoh agama Rusia, termasuk dari Gereja Ortodoks.

“Pertemuan ini diharapkan jadi sarana untuk lebih meningkatkan hubungan antara warga kedua negara atau people to people contact, khususnya antar tokoh agama,” kata Azis.

Dalam pertemuan dengan Patriarch Kirill tersebut, Azis juga menyampaikan harapan agar Patriarch Kirill dapat berkunjung ke Indonesia di masa mendatang.

Setelah acara pentahbisan, Azis juga bertemu dengan WNI yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa dari Gereja Ortodoks Rusia. Saat ini terdapat 4 WNI yang sedang belajar teologi di Rusia.

Pada bulan Desember 2018 Dewan Suci Gereja Ortodoks Rusia (Holy Synod of the Russian Orthodox Church) telah membentuk Daerah Wewenang Kepala Cabang (Eksarkat) Gereja Ortodoks di Asia Tenggara, yaitu suatu wadah keagamaan umat Kristen Ortodoks yang berasal dari negara Asia serta warga Rusia, Ukraina, Belarus, Moldova dan negara lain yang tinggal di wilayah tersebut.

Komunitas Kristen Ortodoks Indonesia pertama kali ada di Batavia pada tahun 1930-an. Saat ini gereja Kristen Ortodox sudah terdapat di sejumlah kota di Indonesia, seperti Jakarta, Denpasar, Solo, dan Medan. Kebanyakan gereja tersebut dikepalai oleh pendeta Ortodoks asal Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara yang berada di bawah kanonik Eksarkat Moskow. Pada 25 Agustus 2020 Dewan Suci Gereja Ortodoks Rusia telah menunjuk Pitirim sebagai Uskup Jakarta yang kemudian ditahbiskan pada 1 September 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *