Gamelan In The Park di Alun-alun PBB Buenos Aires

Menandai puncak perayaan HUT RI ke-75 di Argentina, KBRI Buenos Aires didukung Pemerintah Kota Buenos Aires menggelar “Gamelan in the Park” di alun-alun PBB pada 3 Desember. 2020.

Dibawakan oleh tiga belas anggota grup “Sang Bagaskara”, alunan nada pentatonik dari slendro dan pelog menghibur para pengunjung yang hadir. Tangannya yang lincah memainkan Sharon dan Peking menciptakan ritme yang harmonis. Not-not rendah Slentem dan Demung semakin hidup saat irama genderang mengiringi mereka.

Selama satu jam di atas panggung, mereka memainkan hampir selusin musik, seperti Kebogiro, Manyar Sewu, Subakastawa, Gunung Musim Gugur, dan Ketawang Puspowarno.

Gamelan in the Park diadakan secara eksklusif di Floralis Generic Square di United Nations Square, mewakili multikulturalisme yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Buenos Aires.

Gamelan merupakan kebanggaan musik Indonesia yang variasi nadanya bisa dibandingkan dengan orkes simfoni dunia barat. Gubahan Ketawang Puspowarno ciptaan Sultan Mangkunegoro IV itu terpilih bersama 26 gubahan musik lain dari seluruh dunia untuk dimainkan di kokpit Voyager I saat terbang ke angkasa.

Selain itu, gamelan juga memberikan pesan kepada dunia yang saat ini sedang dilanda krisis akibat pandemi. Suaranya hanya akan terdengar dengan baik jika semua anggota orkestra bertindak dalam koordinasi. Dalam pengertian ini, gamelan mengajarkan kita bahwa kerjasama tim adalah kunci untuk menciptakan harmoni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *