Penjajakan Kerja Sama Pertukaran Pelajar Antara Indonesia dan Venezuela

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Bolivaria Venezuela, Y.M. Imam Edy Mulyono telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pendidikan Tinggi Venezuela, Y.M. Cesar Trompiz, guna melakukan penjajakan kerja sama di bidang pendidikan, utamanya terkait pertukaran pelajar antara Indonesia dan Venezuela.

Pertemuan yang dilakukan satu hari sebelum pergantian tahun 2021 tersebut membahas rencana kerja sama kedua negara untuk saling melakukan pertukaran pengiriman pelajar di berbagai bidang, antara lain ilmu hubungan internasional, teknologi pangan, serta seni.

Dubes Imam pada kesempatan tersebut menyampaikan, “Kami melihat bahwa terdapat berbagai peluang kerja sama untuk meningkatkan hubungan kedua negara, dimana terdapat berbagai universitas di Indonesia yang telah menyatakan kesiapannya untuk melakukan kerja sama termasuk memberikan beasiswa, serta memberikan peluang bagi para pelajar Indonesia untuk belajar kesenian, khususnya orkestra, di Venezuela”.

Menteri Cesar juga menyambut baik dan menyatakan kesiapannya untuk mendukung dilakukannya kerja sama tersebut, “Saat ini Venezuela telah menjalin berbagai kerja sama terkait pemberian beasiswa dengan berbagai negara. Perluasan kerja sama (di sektor pendidikan) dengan Indonesia diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada masyarakat Venezuela, serta pelajar Indonesia yang akan belajar di Venezuela”

Lebih lanjut, rencana tersebut diharapkan dapat diperkuat melalui pembuatan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara kedua negara pada tahun 2021. Kedepannya, akan dilakukan kunjungan oleh universitas di Indonesia yang akan berpartisipasi ke Venezuela untuk merealisasikan kerja sama  dimaksud.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Venezuela telah berlangsung sejak 61 tahun yang lalu. Semenjak itu, terdapat berbagai kerja sama pendidikan yang telah dilakukan, antara lain pemberian program beasiswa Darmasiswa oleh Kementerian Luar Negeri RI kepada siswa Venezuela.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *