Sholat Idul Adha Bersama Masyarakat Muslim Indonesia di Bonn

Indo Muslim Bonn (IMB) dan Pengajian Muslim Bonn (PMB) di tahun ini kembali menyelenggarakan sholat Idul Adha bersama yang merupakan acara rutin tiap tahun khususnya sebelum pandemi Covid-19. Sholat Ied kali ini terasa berbeda dan istimewa karena selain dilaksanakan dalam situasi yang serba terbatas mengikuti protokol kesehatan, juga untuk pertama kalinya dihadiri oleh Konsul Jendral (Konjen) RI Frankfurt. Hal ini juga diakui oleh Konjen RI bahwa kehadirannya kali ini merupakan yang pertama kalinya mengingat biasanya selalu mengikuti sholat Ied di Frankfurt.

Ibrahim Omar, Ketua IMB yang juga bertugas sebagai Imam, menyampaikan terima kasih kepada Konjen RI dan Tim dari KJRI Frankfurt yang telah hadir dan menyemarakkan suasana sholat Ied yang dilaksanakan di tengah keprihatinan akibat wabah Covid-19 dan juga bencana banjir besar yang menimpa beberapa kota di wilayah Nordrhein Westfalen dan Rheinland Pfalz. Bertindak sebagai Khotib adalah Bapak K.H. Syaeful Fatah, Rais Syuriah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Jerman yang menyampaikan pesan-pesan semangat kurban dan Idul Adha.

Selain untuk sholat Ied bersama, Konjen RI juga diminta untuk memberikan sambutan yang antara lain menyampaikan bahwa sholat bersama ini dapat dijadikan sebagai momentum baru bagi IMB dan PMB untuk memulai kembali berbagai kegiatan yang telah direncanakan seperti kegiatan pengajian, shalat berjamaah dan shalat jumat secara luring dengan tetap mengikuti aturan dan kebijakan pemerintah setempat.

Konjen juga sampaikan bahwa momentum Idul Adha dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki sikap pengorbanan kita bagi kemanusiaan, yaitu berupa keprihatinan dan kepedulian kita bersama terhadap perkembangan covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun, dan terhadap bencana banjir yang baru saja menerjang beberapa kota di Jerman bagian barat dan selatan.

Acara yang diselenggarakan di taman Bad Godesberg – Bonn tersebut dihadiri oleh sekitar 100 orang yang datang dari Bonn, Koln dan kota-kota lain di negara bagian Nordrhein Westfalen. Rangkaian acara perayaan diakhiri dengan saling mengucapkan Selamat Idul Adha dan ramah tamah.
Selesai sholat Ied bersama, Konjen RI juga secara khusus menemui warga Indonesia korban banjir untuk berbincang dan menanyakan kabar serta kondisi kesehatan mereka.

Konjen RI juga menyempatkan waktu meninjau rumah tempat penampungan sementara di Siegburg guna mengetahui kondisi tempat penampungan dan sekaligus menyerahkan kembali tambahan bantuan berupa makanan, mie instant dan air putih. Sebelum ini, perwakilan dari KJRI Frankfurt juga telah menyampaikan bantuan logistik yang diperlukan kepada para korban banjir.

Dalam kesempatan di Bonn, Konjen RI Frankfurt juga serahkan sumbangan dari masyarakat Indonesia di kota Giessen, Frankfurt dan sekitarnya yang dikoordinir oleh Merpati e.V. Gebhini e.V dan ETJ Indonesia Maju DPW Jerman kepada Siti Asiyah untuk disampaikan kepada korban banjir melalui salah satu organisasi sosial di Bonn.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *