Masyarakat Indonesia Gowes Bersama Seberangi Jembatan Golden Gate San Francisco

Sebanyak seratus peserta dari beberapa kota besar di AS, seperti Houston, Los Angeles dan kota-kota di sekitar San Francisco, seperti Richmond, Palo Alto, West Covina, terlihat antusias dalam kegiatan gowes bersama yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Francisco. 

Dengan semangat “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” yang merupakan tema HUT ke-76 RI, para peserta dapat memilih rute 17 Agustus, yakni bersepeda dengan jarak 17 mil (23 km) atau rute Maju Tak Gentar yakni bersepeda dengan 34 mil (50 km) dengan penuh semangat menyusuri kota San Francisco, Sausalito dan Tiburon yang menanjak dan penuh tantangan. Peserta rute 17 Agustus menyeberangi jembatan Golden Gate hingga kota Mill Valey dan kembali dengan ferry Sausalito menuju San Francisco. Sementara peserta rute Maju Tak Gentar menempuh jarak 34 mil dengan medan jalur sepeda yang melintasi perbukitan naik dan turun dengan hembusan angin kencang disepanjang teluk.

Kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan komunitas Gowes Indo-SF dan Gowes Indo-AS, Gowes Merdeka merupakan acara olah raga besar sepeda pertama di AS yang diselenggarakan untuk masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI. Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I Soekarno menyampaikan apresiasi antusiasme dan semangat komunitas gowes Indonesia di AS, yang mencerminkan kekompakan masyarakat Indonesia di AS. Selain untuk menyambut HUT ke-76 RI, acara ini juga dilakukan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara masyarakat Indonesia.

Konjen Simon D.I. Soekarno juga mengajak masyarakat dan diaspora Indonesia untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang dapat mempromosikan Indonesia di Amerika Serikat. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi di Indonesia, peserta juga diajak untuk mengulurkan tangan membantu penanganan Covid-19 di Indonesia melalui kegiatan penggalangan dana oleh komunitas gowes yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2021.

Selama kegiatan berlangsung, meski situasi pandemi di Amerika Serikat sudah membaik, para peserta tetap diminta menerapkan protokol kesehatan, yakni mengenakan masker dan menjaga jarak. Sepanjang rute gowes, peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa ikon wisata di kota San Francisco seperti Palace of Fine Arts dan tentunya jembatan Golden Gate. Para peserta menikmati indahnya panorama sepanjang teluk San Francisco hingga Tiburon, mulai dari pemandangan alam hingga laut biru bagian barat pasifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *